Adipati Resmikan Sekolah Satu Atap

 Bupati Waykanan Raden Adipati Surya saat penandatanganan dan peresmian Ruang Kegiatan Belajar (RKB) dan Unit Sekolah Baru (USB) di Sekolah Dasar Negeri 1 Bumi Ratu, Blambangan Umpu, Waykanan.  PeNa-indra
WAYKANAN (PeNa)-Dalam upaya memajukan pendidikan di Way Kanan, Sebanyak 5 Sekolah Dasar (SD) Negeri, 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan 1 SMP satu atap Negeri diresmikan. Rabu (11/1).
Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia dikarenakan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia. Oleh karena itu, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 
Hal tersebut disampaikan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya saat penandatanganan dan peresmian Ruang Kegiatan Belajar (RKB) dan Unit Sekolah Baru (USB) di Sekolah Dasar Negeri 1 Bumi Ratu, Blambangan Umpu, Waykanan.  
Bupati juga menjelaskan di Kabupaten Way Kanan, sampai saat ini memiliki 311  Sekolah Dasar dan 87 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan angka rata-rata usia bangunan di atas 25 Tahun. Sebanyak 6,89, tentunya perluasan aksesibilitas melalui strategi pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB), dimaksudkan untuk lebih meminimalisir prosentase penduduk usia sekolah yang tidak bersekolah serta mempersiapkan kualitas Sumber Daya Manusia yang lebih kompetitif dan terjangkau menuju Visi Waykanan Maju dan Berdaya Saing 2021. 
“Pembangunan Unit Sekolah Baru SDN 1 Bumi Ratu, merupakan suatu kegembiraan bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, karena setelah diresmikan penggunaannya pada hari ini, sudah dapat digunakan oleh para guru dan anak-anak didik untuk melaksanakan proses kegiatan belajar dan mengajar,” ujar Adipati. 
lebih lanjut dirinya mengatakan, pendidikan bisa mensejahterakan dan pendidikan juga bisa memajukan kehidupan. Semuanya, itu dapat diwujudkan jika semua jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat luas termasuk dunia usaha bekerjasama untuk bisa menyelenggarakan pendidikan yang baik. 
“Pendidikan yang baik pada hakekatnya adalah pendidikan yang berkualitas, tidak asal-asalan, mutunya baik, standarnya harus memenuhi harapan, metodologinya tepat, kurikulumnya tepat, kualitas gurunya juga harus baik, sehingga keseluruhan dari pendidikan itu bermutu dan berkualitas,” tegasnya.
Pemerintah Kabupaten Waykanan akan terus berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan kesempatan belajar bagi siswa, pemerintah daerah akan melaksanakan berbagai program bantuan, yang diharapkan dapat mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dimana pembangunan sektor pendidikan akan terus ditingkatkan, baik melalui pembangunan sarana dan prasarana pendidikan maupun peningkatan mutu dan kualitas pendidik. 
Selain itu Adipati berharap dengan diresmikannya sekolah tersebut  agar kepada kepala sekolah, guru maupun siswa SDN 1 Bumi Ratu harus tetap kompetitif sehingga dengan cepat mengejar ketertinggalan dengan sekolah yang sudah lama berdiri. USB yang kita resmikan hari ini agar dapat dipergunakan dan dirawat dengan sebaik-baiknya oleh pihak sekolah, guru, siswa dan masyarakat setempat, sehingga USB ini tidak cepat rusak dan dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama, harapnya.
Usai melakukan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, Mantan Ketua DPRD Waykanan tersebut langsung meninjau ruangan yang baru diresmikan. Adipati sempat tertegun melihat ruangan yang dilengkapi dengan proyektor di RKB tersebut, sembari bernostalgia dengan tempatnya menuntut ilmu semasa SD tersebut. indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *