Akfar Cefada Solusi Raih Masa Depan Dunia Farmasi

 

BANDARLAMPUNG-(PeNa), Akademi Farmasi (Akfar) Cendikia Farma Husada (Cefada) di Jalan Pulau Enggano Nomor 100 Kelurahan Sukabumi Kota Bandarlampung merupakan solusi generasi muda dalam meraih cita-citanya didunia kefarmasian. Pergurun Tinggi Swasta (PTS) tersebut muncul guna memenuhi kebutuhan tenaga farmasi yang sangat diperlukan oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Akfar Cefada adalah Pendidikan kesehatan tingkat akademi dengan kekhususan mempelajari bidang kefarmasian. Farmasi didefinisikan sebagai profesi yang menyangkut seni dan ilmu penyediaan bahan obat, dari sumber alam atau sintetik yang sesuai, untuk disalurkan dan digunakan pada pengobatan dan pencegahan penyakit.

“Farmasi mencakup pengetahuan mengenai identifikasi, pemilahan, aksi farmakologis, pengawetan, penggabungan, analisis, dan pembakuan bahan obat dan sediaan obat, ” kata Ketua Yayasan Cefada drg. Ida Farida, Rabu (04/03/2020).

Pengetahuan kefarmasian mencakup pula penyaluran dan penggunaan obat yang sesuai dan aman, baik melalui resep dokter berizin, dokter gigi, dan dokter hewan, maupun melalui cara lain yang sah, misalnya dengan cara menyalurkan atau menjual langsung kepada pemakai.

Sebagian besar kompetensi farmasi ini diterjemahkan menjadi produk yang dikelola dan didistribusikan secara professional bagi yang membutuhkannya. Pengetahuan farmasi disampaikan secara selektif kepada tenaga professional dalam bidang kesehatan dan kepada orang awam dan masyarakat umum agar pengetahuan mengenai obat dan produk obat dapat memberikan sumbangan nyata bagi kesehatan perorangan dan kesejahteraan umum masyarakat.

“Visi Akfar Cefada untuk menjadi PTS favourit dan unggul dalam menghasilkan tenaga teknis kefarmasian yang profesional dan religius. Kampus ini dipimpin profesional dibidang farmasi yakni Ardiyansyah Kahuripan M,SI,Apt selaku direktur Akfar Cefada,” tutur dia.

Tahun akademik 2020/2021, Akfar Cefada telah membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui dua jalur. Pertama melalui program reguler, yakni pendaftaran mahasiswa baru bagi lulusan SMA/SMK sederajat (fresh graduate) yang memenuhi syarat seperti lulus syarat administrasi umum dan lulus tes tertulis sesuai jadwal. Kedua, melalui program khusus yaitu jalur pendaftaran mahasiswa baru yang dikhususkan bagi lulusan SAA/SMF/SMK Farmasi dan memenuhi syarat yakni lulus administrasi umum, mendapat izin tertulis dari pimpinan tempat bekerja, lulus tes tertulis sesuai jadwal.

“Silahkan, bagi siswa dan siswi kelas XII yang memiliki impian bergelut didunia farmasi bisa langsung datang ke Akfar Cendikia untuk mengetahui informasi lebih jelas. Juga bagi lulusan SAA, SMF dan SMK Farmasi lekaslah bergegas agar tidak terlambat mendaftar, ” tegas dia.

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *