Bambang Suryadi: PUPR dan Kemenhub Perhatikan Jalan Nasional dan Tol

JAKARTA (PeNa)-Paska banyaknya ruas jalan nasional dan tol yang tergenang karena tingginya curah hujan pada akhir tahun 2019 hingga awal 2020 ini, Komisi V DPR RI meminta kementrian terkait untuk mengevaluasi beberapa program termasuk fasilitas antisipasi banjir.

Pengamanan insfrastruktur jalan menjelang hari raya tiga bulan kedepan, menurut anggota fraksi PDI Perjuangan ini, menjadi salah satu prioritas mengingat melihat kondisi curah hujan yang tidak dapat diprediksi dengan matang oleh BMKG.

“Spare waktu tiga bulan kedepan ini menjadi sangat penting untuk menunjang kelancaran arus lalu litas pada musim libur panjang dihari raya. Oleh karena itu, kami meminta kepada kementrian terkait dalam hal ini PUPR dan Perhubungan untuk memprioritaskan fasilitas pengamanan banjir di ruas tol dan jalan nasional,” kata Bambang pada rapat kerja dengan beberapa kementrian termasuk Basarnas dan BMKG tersebut.

Pada rapat kerja yang dipimpin Lasarus tersebut, Bambang  juga menyikapi tentang dukungan kendaraan angkutan masal. Mengingat beberapa kasus kecelakaan angkutan umum ternyata masih banyaknya angkutan umum yang tidak layak jalan.

“Ada banyak contoh kasus kecelakaan yang diakibatkan tidak layaknya angkutan umum. Ini juga harus menjadi proiritas untuk kementrian perhubungan agar selektif terhadap angkutan umum massal,” kata dia.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mengiventarisir penyebab tergenangnya dibeberapa titik tol. Basuki menyebut telah mengirimkan ratusan pegawainya untuk melakukan survei di lokasi-lokasi yang kebanjiran. Mereka disebut Basuki akan mengidentifikasi penyebab kebanjiran.

oleh Agus Hermanto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *