Bupati Pesawaran Dan Gubernur Lampung Tatap Petani Di Ladang

PESAWARAN-(PeNa), Selalu dekat dengan petani, Bupati Dendi Ramadhona bersama Gubernur Arinal Djunaidi tatap muka dan berdialog langsung dengan para petani di peladangan cabai milik Gapoktan Gemah Ripah di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng,Selasa (18/02/2020).
Komunikasi rakyat dan pemimpin tersebut dilangsungkan dibawah terik matahari tepatnya usai ba’dha Dhuhur. Interaksi keduanya juga menghasilkan beberapa poin solusi guna mengatasi permasalahan para petani diantaranya adalah segera dibangunnya sumur bor dan bantuan bibit cabai.
Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas perhatian dan roadshownya yang dilakukan di Bumi Andan Jejama.
“Selamat datang dan terima kasih pada Gubernur Lampung yang telah menyempatkan diri datang di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng dan kami Kabupaten Pesawaran di canangkan sebagai sentral tanaman cabe seluas 246 Hektar yang terdata, ” kata Dendi.
Pada kegiatan tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi juga memberikan bantuan bibit cabai dan kebutuhan petani lainnya.
“Kami mengucapkan trima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung telah memberikan bantuan bibit dan lainnya ke Kabupaten Pesawaran dan kami senantiasa di perhatikan kelompok pertanian agar petaninya dapat sejahtera, ” imbuhnya.
Kemudian, Gubernur Arinal Djunaidi juga mengaku bahwa kedatangannya untuk mendata secara langsung tentang komoditi pertanian guna mewujudkan petani berjaya.
“Saya datang kesini bertujuan mendata komoditi di bidang pertanian, karena itu
Saya minta kepala Dinas Pertanian Provinsi Lampung dapat melakukan kunjungan terus ke petani dan saya ingin selalu dekat dengan petani dan ingin mengetahui hasil panen dalam 1 Hektar dapat 10 ton, ” ujar Arinal.
Ia pun berharap agar para petani tidak lagi terkendala masalah pupuk manakala musim tanam dan pemupukan tiba. Dalam sesi tanya jawab dengan para petani, terkuak bahwa yang menjadi persoalan petani adalah saat musim kemarau yakni kurangnya air.
“Persoalan petani pada saat musim kemarau adalah air yang paling utama kami perintahkan kepala Dinas Provinsi Lampung agar mempelajari yang ada di Desa Trimulyo dan mencari jalan solusi dengan Sungai Way Sekampung,  seberapa jauh dan nanti ada bantuan dari PT Bukit Asam untuk pembuatan sumur ataupun dari Sungai Way Sekampung yang dapat di aliri ke penampungan petani, ” tutur dia.
Kendala lain dari petani cabai adalah naik turunnya harga komoditi tersebut dipasaran baik lokal maupun nasional. Gubernur Arinal menjanjikan petani, bahwa hal tersebut akan dikomunikasikan kepada kementrian terkait dan kedepan akan segera dibuatkan Kartu Petani Sejahtera.
Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Kadis Pertanian Kabupaten Pesawaran bersama jajarannya, Kadis Pertanian Provinsi Lampung bersama jajarannya, Kadis Peternakan Provinsi Lampung bersama jajarannya, Kadis Perekonomian Kabupaten Pesawaran, Kadis Perindag Provinsi Lampung, Kadis Perindag Kabupaten Pesawaran.
Kemudian, Camat Tegineneng Syahrudin, Kapolsek Tegineneng AKP Haryono, Danramil Natar yang di wakili Danpos Tegineneng Peltu Rivoldi, KUPT Pertanian Kecamatan Tegineneng Hermanto, Kepala Desa Trimulyo Endro, Babinsa Desa Trimulyo Serka Imron, Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo Bripka Budi Prasetyo dan ratusan petani dari Gapoktan Desa Trimulyo.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *