Dishub Pesawaran Tekankan Dermaga Tiga Ketapang Tertib Administrasi

PESAWARAN-(PeNa), Soal aktifitas reklamasi di Dermaga tiga Desa Ketapang Kecamatan Teluk Pandan yang belum berijin, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat menekankan dan meminta pihak terkait untuk segera mengurusnya.
Kepala Dishub Kabupaten Pesawaran Afdal Faisal mengatakan bahwa terkait ditutupnya aktifitas reklamasi di Dermaga tiga lebih pada penertiban. “Ya, secara lisan sudah kami ingatkan untuk segera mengurus dokumen perijinannya. Namun sampai sekarang belum juga diurus mudah-mudahan dengan dilakukan tindakan tegas dari kepolisian mereka dapat segera tertib, ” kata Afdal di ruang kerjanya, Rabu (17/10).
Menurutnya, adanya aktifitas reklamasi di dermaga Ketapang pihaknya sudah berkoordinasi dengan stake holder terkait. “Tentang adanya aktifitas reklamasi di dermaga III Ketapang, kita sebelumnya mendapatkan informasi laporan dari Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas III Teluk Betung untuk bisa disikapi,” ujar dia.
Bahkan, kata dia, terkait aktifitas reklamasi tersebut sudah ditangani pihak kepolisian. “Sudah sekitar dua minggu lalu, aktifitas reklamasi di dermaga III Ketapang itu dihentikan polisi dan sudah di police line, makanya kami tidak ingin adanya pelanggaran disitu,” tutur dia.
Diterangkan, berdasarkan regulasi yang berlaku terkait hal penertiban terminal atau dermaga merupakan kewenangan Pemerintah Daerah. “Berdasarkan UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah kita bisa melakukan penertiban terhadap terminal, agar supaya bisa sesuai dengan prosedur, tapi jika tidak sesuai prosedur maka tentu akan ada konsekuensi hukumnya. Terlebih kami ingin membina  bagaimana, baik itu pribadi maupun perusahaan agar terkait izin administrasi bisa sesuai dengan prosedur yang berlaku,” terang dia.
Ditegaskan, keputusan tersebut tertuang pada notulen rapat koordinasi dengan pihak terkait. “Ya, selaku pemerintah daerah maka untuk memutuskan hal tersebut harus dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. Nah keputusan ini sesuai notulen rapat koordinasi yang baru saja kita laksanakan. Baru saja selesai rapatnya, namun prinsipnya kita hanya mendorong masyarakat untuk tertib adiminstrasi dalam melakukan aktifitas angkutan baik laut maupun di darat, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *