Guru Adalah Motivator Dan Penyuluh Pertanian Garda Terdepan

TANGGAMUS-(PeNa), Guru merupakan motor penggerak dan motivator bagi anak didiknya agar menjadi kualitas yang terbaik. Sementara penyuluh pertanian jadi garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani. Demikian diungkapkan Bupati Tanggamus Dewi Handajani pada pergantian pejabat, Jumat (19/10) lalu.
Dalam arahannya Bupati Dewi mengatakan bahwa tugas seorang guru sangat berat karena wajah pendidikan di Kabupaten Tanggamus juga terletak pada kinerja dan kontribusi dewan guru selaku guru, pendidik dan  pengajar.
Menurutnya, seorang  guru dituntut tidak hanya dapat mengajarkan memberikan ilmu pada anak didiknya saja, tetapi guru harus dapat memperluas lagi  tugas dan misinya sebagai pendidik, punya teladan, Pendamping, motor penggerak dan motivator bagi anak didiknya agar menjadi kualitas yang terbaik.
“Sungguh luar biasa tanggung jawabnya, kita disini dalam pelantikan ini tidak mungkin tanpa jasa seorang guru, oleh karenanya wajar bila dikatakan guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, luar biasa, ” kata Bunda Dewi.
Prosesi pembangunan dikepemimpinannya kedepan, Bunda Dewi mengaku siap menerima masukan dan saran dari dewan guru dalam rangka merumuskan kebijakan yang tepat dibidang pendidikan.
“Karena dalam memajukan dunia pendidikan juga tidak terlepas dari kebijakan pimpinan, untuk itulah saran dan masukan sangat kami harapkan dari dewan guru sekalian, ” tutur dia.
Selain guru, dibidang cocok tanam di wilayah Kabupaten Tanggamus, peran penyuluh pertanian  sebagai  pejabat fungsional sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian atau garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini.
“Pasalnya penyuluh langsung terjun ke petani  dan masyarakat sehingga akan lebih mengetahui kondisi dilapangan yang sebenarnya, ” ungkap dia.
Diakhir sambutannya Bunda berpesan kepada pejabat fungsional guru dan penyuluh pertanian untuk berperan aktif dan terus meningkatkan kompetensi dibidangnya masing-masing.
“Bunda berpesan kepada dewan guru dan penyuluh pertanian agar dapat meningkatkan kompetensinya sehingga apa yang menjadi tujuan Kabupaten Tanggamus dalam pembangunan Pendidikan dan Pertanian dapat tercapai, ” tegas dia.
Untuk diketahui, pengambilan  sumpah dan pengangkatan pertama kali dalam jabatan fungsional guru dan penyuluh pertanian di aula utama Gedung Serba Guna (GSG) Kompleks Islamic Center Kota Agung dilakukan Bupati Dewi Handajani dengan di hadiri Penjabat Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Asisten III Bidang Administrasi, Firman, Kepala Dinas Pendidikan Dasmi, Kepala BKPSDM yg diwakili ileh Sekretaris aan Derajat, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat Kota Agung, serta Para Pejabat Fungsional yg dilantik dilingkungan Pemkab Tanggamus. PeNa-opoy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *