Hadapi Pilpres Dan Pileg Intelkam  Tingkatkan Pelatihan

PESAWARAN-(PeNa), Dalam rangka persiapan tahapan pengamanan pemilihan presiden (pilpres)  dan pemilihan legislatif (pileg), Intelkam Polres Pesawaran lakukan peningkatan pelatihan di Aula Mapolsek Gedong Tataan, Jumat (4/8) siang.
Rencananya, kegiatan tersebut guna menghadapi pesta demokrasi yang dilangsungkan sejak tanggal 23 september 2018 mendatang. Kampanye diikuti oleh 16 partai politik dan dilaksanakan di 11 kecamatan secara bergilir.
“Kegiatan peningkatan pelatihan oleh Intelkam Polres Pesawaran dimaksudkan dapat mendeteksi pelanggaran secara dini pada pelaksanaan pilpres dan pileg nantinya, ” kata Kapolres Pesawaran AKBP Syaiful Wahyudi, Sabtu (4/8).
Dalam pelaksanaan operasi mantap praja kedepan, akan melibatkan personil sium dan bhabinkamtibmas. “Pelaksanaan kampanye dimungkinkan akan dilaksanakan setiap hari di 11 kecamatan mengingat terdapat 16 partai politik yang mengikuti pemilihan pemilihan legislatif, ” ujar dia.
Dijelaskan, kegiatan pilpres dengan pileg dilaksanakan secara bersamaan dan Polri merupakan pengendali keamanannya. “Pileg dan pilpres berbarengan di harapkan kepada kanit intelkam polsek jajaran dan kanit binmas polsek jajaran melaksanaan deteksi dini mengingat polsek sebagai tameng terdepan, ” jelas dia.
Diketahui, dalam hal tugas pokok intelijen dan bhabinkamtibmas memiliki kesamaan. Hanya, yang menjadi perbedaan personil intelijen menggunakan pakaian preman dan bhabinkamtibmas menggunakan pakaian dinas serta  bhabinkamtibmas melekat dengan masyarakat binaannya.
Dikesempatan tersebut, Kabag Ops Polres Pesawaran Kompol Agus Susanto menekankan Sat Intelkam Polres Pesawaran untuk pembuatan laporan informasi (LI) harus sesuai dengan fakta di lapangan. pembuatan laporan informasi berdasarkan perkabid nomor 4 tahun 2013 perihal tentang perubahan peraturan kepala badan intelijen keamanan kepolisian negara republik indonesia nomor 2 tahun 2012 tentang penyelenggaraan produk intelijen di lingkungan intelijen keamanan kepolisian negara republik indonesia.
“Untuk itu, analisa dalam laporan informasi harus di pertajam. Dalam hal rekomendasi,  personil yang membuat laporan informasi harus berisikan saran kepada pimpinan untuk mengambil kebijakan, makanya pembuatan LI harus sesuai dengan fakta-fakta di lapangan sesuai dengan info yang dilaporkan, ” tegas dia.
Hadir pada kegiatan tersebut, Kabag Ops Polres Pesawaran (Kompol Agus Susanto), Kbo Sat intelkam Polres Pesawaran (Ipda Dartiyo Santiko), Kanit intelkam Polres Pesawaran, Kanit Binmas Polsek jajaran Polres Pesawaran, Kanit intelkam polsek jajaran Polres Pesawaran, Anggota intelkam Polres Pesawaran dan polsek jajaran, Anggota bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Pesawaran dan jika dijumlah sekitar 50 personil. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *