Hari Ini Vaksin Covid-19 Didistribusikan Ke Puskesmas

PESAWARAN-(PeNa), Vaksin Covid-19 yang telah diterima Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran, hari ini mulai didistribusikan ke Puskesmas terdekat yakni Berjuang dan Gedong Tataan.
Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Daerah Kesuma Dewangsa menanggapi kapan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan.
“Mulai hari ini (Jumat, 22 Januari 2021) kita sudah mulai distribusikan, dimana kita mulai dari Puskemas terdekat seperti Puskemas Gedong Tataan dan Bernung dan kita targetkan pada hari Senin (25 Januari 2021) pendistribusian vaksin ini akan selesai,” kata dia, Jum’at (22/01/2021).
Kemudian, waktu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pesawaran akan dilakukan pada Minggu depan.
¬†“Ya, berdasarkan rapat tadi kita sudah menentukan jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara serentak di Kabupaten Pesawaran pada Selasa 26 Januari 2021,” ujar dia.
Nantinya, pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dijadwalkan akan mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19 tersebut di RSUD Pesawaran.
“Rencananya nanti pada hari itu Pak Bupati bersama dengan jajaran Forkopimda akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin tersebut, disusul tenaga kesehatan lainnya,” ucap dia.
Vaksin Covid-19 tidak dapat diberikan kepada semua orang, melainkan harus melalui seleksi kesehatan terlebih dahulu. Bagi penderita penyakit penyerta, jantung, orang yang telah menjalani operasi dan orang yang pernah terpapar covid-19 tidak dapat di vaksin.
“Sementara untuk jajaran Forkopimda yang akan mendampingi pak Bupati untuk disuntik vaksin Covid-19, akan kita seleksi seperti harus dalam kondisi prima dan tidak memiliki penyakit penyerta,” tegas dia.
Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran telah mendapatkan distribusi dari Pemprov Lampung diantaranya 2.640 dosis vaksin, ADS 0,5 ml 2.640 pieces, safety boks 50 buah dan alkohol Swab 2700 lembar.
Gudang penyimpanan Vaksin Covid-19 juga dijaga ketat pihak kepolisian dan TNI, kemudian untuk pendistribusian vaksin tersebut juga mendapat pengawalan dan pengawasan ketat dari Polres Pesawaran.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *