I Ketut Dharma, Mahasiswa Asal Lampung Tengah Wakili Indonesia ke Harvard

Bupati Lampung Tengah, Mustafa saat memberikan penjelasan tentang budaya Lampung kepada I Ketut Dharma PY, salah satu mahasiswa yang menjadi delegasi budaya Lampung dikancah internasional. I Ketut Dharma PY akan memaparkan budaya Lampung di konferensi Harvard National Model United Nations 2017. ist
LAMPUNG TENGAH –  I Ketut Dharma PY (20), mahasiswa asal Lampung Tengah bakal ke Amerika mengikuti konferensi Harvard National Model United Nations 2017 yang akan berlangsung pada Senin, 16/1/2016. Di hadapan ribuan delegasi lainnya dari seluruh dunia, Ketut bakal mengenalkan budaya Lampung di kancah Internasional.
Rencananya Ketut bakal berangkat dengan 3 mahasiswa lainnya asal Lampung, yakni Saka Fatihan, Alpinka Mutia, dan Nurul Putri. Dalam kunjungan ke Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa, Jumat, 5/1/2016, Ketut mengaku ingin meminta dukungan dan doa restu atas keberangkatannya ke Negeri Paman Sam tersebut.
“Ini adalah kegiatan putera daerah, karenanya saya mohon dukungan dari Pak Bupati. Alhamdulillah beliau sangat merespon dengan baik dan mendukung kami sepenuh hati. Ini semakin memotivasi kami untuk menampilkan yang terbaik di ajang tersebut,” ungkapnya.
Mengikuti konferensi bergengsi tersebut, diakui Ketut bukanlah perkara mudah. Ia harus bersaing dengan sekitar 150 peserta lainnya dari berbagai negara untuk mengikuti proses seleksi berdasarkan penilaian essay, motivation letter dan CV.

Dalam konferensi tersebut, Ketut bersama peserta lainnya dari masing-masing Negara akan melakukan presentasi mengenai kebudayaan di Lampung. Ia berjanji akan mengenalkan tapis, baju adat dan pariwisata di Lampung.
“Selain itu, secara pribadi saya akan mempresentasikan mengenai history assembly 1997, legal committee dan DISEC. Tema setiap mahasiswa berbeda-beda dan ditentukan dari Harvard langsung,” ujar alumnus SMAN 1 Kotagajah ini.
Mendapat kesempatan mengikuti konferensi di perguruan tinggi terbaik di dunia, mahasiswa kelahiran 1996 ini mengaku bangga dan siap memberikan yang terbaik di konferensi tersebut. 
“Tentunya bangga, karena saya berkesempatan memperkaya wawasan lebih luas lagi. Saya bisa belajar dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai belahan dunia,” tandasanya.
Kebanggaan senada juga disampaikan Bupati Lampung Tengah Mustafa. Dia berharap mahasiswa memanfaatkan kesempatan kunjungan di Amerika dengan sebaik-baiknya, yakni dengan menggali ilmu seluas-seluasnya untuk kemudian diadopsikan di kampung halaman.
“Ada banyak pekerjaan rumah di Lampung khususnya di Lampung Tengah yang harus diselesaikan. Inilah tugas adik-adik semua bagaimana memecahkan tantangan tersebut. Gali ilmu sebanyak-banyaknya, apa yang bisa diaplikasikan di daerah, silahkan diaplikasikan. Saya ucapkan selamat dan semoga sukses,” pungkas bupati.(*)
Caption foto: Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa saat berbincang I Ketut Dharma PY mengenai rencana keberangkatannya ke Harvard untuk mengikuti Harvard National Model United Nations 2017, Jumat, 6/1/2016.rls

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *