Kalau Cuma untuk Kurus, Olahraga Tak Melulu Harus Hardcore

Kalau Cuma untuk Kurus, Olahraga Tak Melulu Harus Hardcore

Olahraga dengan intensitas tinggi kelihatannya memang lebih menjanjikan dibanding olahraga santai. Tapi untuk menurunkan berat badan, penelitian membuktikan bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Para ilmuwan dari University of Bath membandingkan sekelompok orang dewasa dalam berolahraga. Sebagian melakukan olahraga berat di atas treadmill, sebagian lagi melakukan olahraga lain dengan intensitas moderat. Kedua kelompok berolahraga rutin 5 kali tiap pekan.

Hasil pengamatan selama 3 pekan yang dipublikasikan di jurnal Physiological Reports menunjukkan bahwa kedua kelompok sama-sama mengalami penurunan berat badan. Selisih ‘before-after’ di kedua kelompok, ketika dibandingkan tidak menunjukkan adanya perbedaan berarti.

Ini menunjukkan bahwa untuk menurunkan berat badan, olahraga dengan intensitas berat tidak memberikan manfaat lebih. Olahraga dengan intensitas moderat atau sedang sudah cukup, jika yang dicari hanya penurunan berat badan. Demikian, dikutip dari Dailymail.

Penelitian ini juga menyebut, kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan sensitivitas insulin dan level kesehatan metabolik. Jadi kalau belum sanggup melakukan olahraga berat, tidak perlu dipaksakan. Bertahap saja, karena pasti akan tetap memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *