Kontribusi Daerah Wujudkan Tujuan Pembangunan

PRINGSEWU (PeNa)- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meminta jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota hingga ke jajaran tingkat bawah agar dapat bersinergi dalam memberikan kontribusi guna terwujudnya tujuan dan sasaran pembangunan di Bumi Jurai, disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sutono saat menyampaikan arahan kepada para peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pringsewu di Aula Kantor Pemkab setempat, Selasa (14/3).

“Pemprov Lampung sebagai wakil pemerintah pusat yang ada di daerah mempunyai kewajiban untuk mengingatkan dan memantapkan kembali mindset dan pola tindak bersama bahwa untuk mewujudkan tujuan bernegara, pencapaian sasaran pembangunan nasional perlu dijabarkan oleh seluruh jenjang pemerintahan daerah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota sampai ke jajaran pemerintahan tingkat bawah,”tegas Sutono.

Dikatakannya, mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah diamanatkan bahwa Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana    pembangunan daerah
sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

” Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Pringsewu pada hari ini, merupakan perwujudan dari pendekatan partisipatif, bottom-up, dan top-down dalam tahapan-proses perencanaan pembangunan daerah. Sebagai wahana interaksi antarpihak, yang secara langsung atau tidak langsung akan memperoleh manfaat atau dampak dari program/kegiatan pembangunan daerah; hasil pelaksanaan dari forum ini hendaknya tak luput dari pentingnya merumuskan dan menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten/kota dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi Lampung dan mendukung kebijakan pembangunan nasional,”urainya.

Dia menambahkan, Pemprov Lampung memahami keterbatasan-keterbatasan yang ada, termasuk di dalamnya kemampuan keuangan daerah, pengembangan sumberdaya, kondisi sosial masyarakat   dan  sebagainya. Oleh karenanya diperlukan upaya dan kerja keras bersama, dari semua pelaku dan pemangku kepentingan pembangunan.

“Kepada seluruh masyarakat, Saya berpesan, dukunglah pemimpin Saudara, beri kesempatan untuk berkarya, lakukan koreksi positif, dan ciptakan suasana yang kondusif. Perlu untuk dipahami, apa yang dilakukan pemerintah akan menjadi ringan bila kita sejalan, saling bergandengan tangan,” tandasnya.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *