Lelang Jabatan Gagal, Kualitas Pejabat Dipertanyakan

PESAWARAN (PeNa)-Meski sudah dilakukan lelang terbuka dan delapan calon penjabat sudah mengikuti assesmen dan penyeleksian, tapi semua itu tidak berarti. Pasalnya, dua jabatan tersebut masih harus menunggu putusan bupati selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK). 
Putusan tersebut dianggap penting karena dari delapan peserta tidak satupun lolos uji kompetensi. Jabatan yang masih kosong adalah untuk Kepala Dinas Perumahan rakyat dan Kawasan Pemukiman dengan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP)  dipemerintah kabupaten Pesawaran. 
Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran, Awaludin membenarkan hal tersebut.”Benar, delapan orang memang tercatat telah mendaftar. Namun saat mengikuti tes tertulis, semuanya gugur. Makanya posisi jabatan itu masih kosong, ” kata dia, Kamis (9/2).
Menurutnya,  delapan peserta assesmen dalam lelang terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (JJTP) Kabupaten Pesawaran tak berkompeten duduki jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP)  dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.” Ya artinya kalau gugur, tentu mereka dianggap tidak kompeten dong, ” ujarnya. 
Kemudian,  lanjut dia,  untuk mengisi jabatan di dua satker yang kosong tersebut,  pihaknya masih menunggu langkah selanjutnya dari bupati selaku  pejabat pembina kepegawaian.”Ya itu kewenangan pak bupati,  langkah berikutnya untuk mengisi jabatan yang kosong itu, ” tegas dia. 
Diketahui,  dari 84 Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang mendaftarkan diri dalam lelang jabatan terbuka di Kabupaten Pesawaran, 64 orang diantaranya masih bertahan. Dari 64 nama-nama tersebut masih disortir kembali,  karena yang diajukan yakni peringkat tiga besar. 
“Ya itu masih dikurangi lagi,  karena yang diajukan ke pak bupati nanti adalah peringkat tiga besar hasil seleksi panitia seleksi, ” imbuh dia .
Dan berdasarkan pengumuman di website pesawarankab.go. id,  pengumunan hasil seleksi yang seharusnya dilakukan hari ini , Kamis (9/2) ditunda menjadi hari Sabtu  (11/2). Dan data yang dihimpun dari website pesawarankab.go. id,  tak ada peserta assesmen  yang masuk di kolom jabatan Pol PP dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.  Namun yang tertulis dalam kolom tersebut yakni tidak ada assensi yang berkompeten. PeNa-spt. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *