Listrik Biogas,Solusi Listrik Mesuji

 

ilustrasi

MESUJI (PeNa)-  Pemkab Mesuji  terus berupaya mengatasi krisis listrik yang terjadi, tidak stabilnya daya yang menjadi salah satu masalah harus dicarikan solusi. Untuk itu Pemkab setempat berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBG) yang bermitra dengan PT.Sinar Mas.
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mesuji, Rizal Fauzi memberikan pemaparan potensi Biogas dari limbah kelapa sawit di Jakarta , Selasa (17/01) lalu yang juga dihadiri dihadiri Direktur PT Wijaya Karya (Wika) Konstruksi dan Industri, Oksarlidady Arifin, Manajer Pemasaran PT PLN (Persero) Distribusi Lampung, Zulhamdi, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Provinsi Lampung, Mulyadi, dan tim ahli dari Universitas Lampung, Prof Udin Hasanudin.
Untuk mengatasi persoalan listrik di Kabupaten tersebut,tambah Rizal, diperlukan program pengembangan energi baru dan terbarukan agar keterbatasan daya yang selama ini terjadi mampu teratasi.
Selain itu dengan adanya program tersebut, Pemkab Mesuji juga sekaligus mengikuti kebojakan pemerintah pusat yakni mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, dimana penggunaan energi baru dan terbarukan diharapkan mengalami peningkatan.
“Untuk membangun pembangkit listrik menggunakan biogas itu dierlukan kerjasama deng pihak swasta, oleh sebab itu kami memaparkan potensi biogas dari limbah kelapa sawit dengan PT.Sinas Mas dan PT. Wika. Selain itu PLN juga siap membantu dengan membeli energi listrik yang kita hasilkan nanti,”jelas Sekkab, Rabu (18/01).

Harapannya,lanjut Rizal, dengan adanya PLTBG itu mampu mengatasi krisis listrik yang selama ini dialami Bumi Serasan Segawe.(SP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *