Mahasiswa KKN UNS Bagikan COVID KIT dan Edukasi Masyarakat

BANDARLAMPUNG (PeNa) – Pandemi COVID-19 telah banyak merubah berbagai tatanan kehidupan termasuk pendidikan. Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan niat Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat. Salah satunya dengan menerjunkan mahasiswa KKN UNS dalam Relawan COVID-19 yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu mahasiswa UNS yang berdomisili di Bandarlampung adalah Senja Nurhayati NIM G0017190 dari Program Studi Kedokteran. Senja yang merupakan salah satu bimbingan Eksa Rusdiyana telah melaksanakan program KKN COVID-19 ini sejak Mei – Juni 2020 dengan tema Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19 yang dilaksanakan di RT 05 LK 1 Kelurahan Kuripan, Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandarlampung.

Program ini berisi kegiatan edukasi baik offline maupun online. Edukasi offline dilakukan dengan mengunjungi rumah masyarakat sambil membagikan paket “COVID KIT” buatannya yang berisi hand sanitizer, masker, dan brosur edukasi. “Edukasi yang diberikan tidak begitu berat, hanya yang penting saja agar masyarakat dapat menyerap dan mengingatnya dengan mudah. Terutama yang banyak dibahas adalah hoax yang selama ini ramai diperbincangkan” jelas Senja. Selain itu, Senja juga menitipkan standing banner edukasi ke warung-warung sekitar rumahnya agar edukasinya juga sampai ke pengunjung warung tersebut.

Sedangkan, edukasi online dilakukannya dengan membuat video tutorial cara membuat masker kain, hand sanitizer, dan desinfektan serta beragam poster edukasi seputar COVID-19 yang dibagikan melalui akun Instagram pribadinya. “Saya berharap dengan dibuatkan video tutorial seperti itu, masyarakat menjadi lebih mudah untuk mendapatkan masker, handsanitizer, dan desinfektan. Mengingat pandemi ini sangat meresahkan masyarakat dan berimbas pada kelangkaan dan naiknya harga barang tersebut. Padahal sebenarnya kita juga bisa membuatnya di rumah sendiri dengan hasil yang juga layak jika dibuat sesuai anjuran WHO, LIPI, atau sumber kredibel lainnya” ujar Senja.

Senja juga menuturkan bahwa programnya sangat diterima oleh masyarakat sekitar. Masyarakat juga merasa senang karna mendapat bantuan amunisi untuk melawan virus corona melalui pembagian paket COVID KIT tersebut. “Saya sangat bersemangat melaksanakan program KKN COVID-19 ini karena sebagai mahasiswa saya merasa terfasilitasi untuk dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar terutama di masa-masa sulit seperti ini” tutup Senja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *