Pemda Kab Tanggamus Gratiskan Biaya Perawatan Pasien Corona

TANGGAMUS-(PeNa), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus mengantisipasi merebaknya wabah corona atau Covid-19 di tengah masyarakt. Demikian di sampaikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani di kantornya, Selasa (17/03/2020).

Langkah strategis tersebut diantaranya adalah menanggung biaya pengobatan bagi warga yang terkena virus mematikan ini.

“Biaya perawatan selama berada di Rumah Sakit Batin Mangunang sebulum dirujuk ke Rumah Sakit yang sudah di tentukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung akan ditanggung pemda, ” kata Dewi.

Menurutnya, Rumah Sakit daerah tersebut sudah difasilitasi ruang isolasi dan para medis yang siap siaga selama 24 jam.

“Rumah Sakit Batin Mangunang memang bukan Rumah Sakit yang di tetapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Lampung sebagai Rumah Sakit rujukan, tapi paling tidak bisa untuk di jadikan sarana penanganan awal hingga pasien di rujuk, ” ujar dia.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik dalam menyikapi situasi seperti ini.

“Tingkatkan kepedulian terhadap perilaku hidup bersih dan sehat atau (PHBS). Kepada jajaran Dinas Kesehatan agar siaga satu(1) dalam memberikan pengertian kepada masyarakat, ” tutur dia.

Kesiapsiagaan tersebut diantaranya adalah meminta masyarakat untuk berpartisipasi dengan melaporkan manakala ada warga yang terindikasi ataupun warga yang pulang dari luar negeri agar memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

“Pemerintah Kabupaten Tanggamus akan siaga penuh dan tanggap terhadap setiap perkembangan yang terjadi. Laporkan bila ada keluhan di masyarakat melalui satuan tugas di nomor telepon siaga bencana BPBD Tanggamus 72272 20251atau kepada petugas fasilitas kesehatan terdekat, ” ucap dia.

“Kita juga akan menunggu petunjuk dari Bapak Presiden RI, apakah nanti masa tanggap darurat nya akan di perpanjang atau tidak. Tapi yang sudah jelas bahwa anak-anak didik kita untuk sementara belajar di rumah hingga tanggal yang sudah di tentukan,” pungkasnya.

Melengkapinya, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto juga menghimbau kepada masyarakat untuk meminimalisir pengumpulan massa.

“Kita himbau kepada setiap individu agar mematuhi peringatan ini demi kebaikan bersama, dan apa bila ada pihak pihak yang tetap membangkang akan kita kenakan sangsi tegas,” kata dia.

Oleh: opoy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *