Pengelolaan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Pekon 

PRINGSEWU-(PeNa), Guna meningkatkan sumber daya manusia, Kabupaten Pringsewu lakukan workshop pengelolaan dan pemanfaatan teknologi informasi bagi perangkat pekon di Hotel Regency, Gading Rejo, Senin (12/11).
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi. “Teknologi Informasi memiliki fungsi untuk mempermudah penyampaian informasi dan terwujudnya sistem pengelolaan data yang lebih baik serta terintegrasi, termasuk di pemerintahan desa atau pekon, ” kata dia, dalam sambutannya.
Menurutnya, konsekuensi diberlakukannya UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa, pemerintah desa atau pekon dituntut untuk mempraktikkan keterbukaan informasi.
“Di Undang-undang tersebut, desa merupakan komunitas yang berkepemerintahan sendiri, yang berpegang pada asas demokrasi, ” ujar dia.
Diterangkan, keterbukaan informasi oleh pemerintah desa dimaksudkan agar warga mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan.
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, didampingi Kadis Komunikasi dan lnformatika Pringsewu Kuddus Heriyanto, salah satu media yang dapat digunakan untuk menyebarluaskan informasi adalah media online.
“Media online membuat penetrasi informasi bergerak begitu cepat, yang tentu saja perlu dibarengi dengan kemampuan pengelolaan, agar informasi yang disampaikan berkualitas, transparan dan akuntabel, ” terang dia.
Oleh karena itu, Fauzi berharap para peserta workshop yang berjumlah 126 orang petugas operator IT kantor pekon se Kabupaten Pringsewu,  dengan  narasumber Abdul Karim, redaktur eksekutif SKH Radar Lampung, serta dari Komunitas IT dan intern Diskominfo Pringsewu, betul-betul mengikuti kegiatan workshop dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya dapat mengimplementasikan dengan baik apa yang telah didapatkan selama kegiatan tersebut. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *