Polisi Amankan Pengunggah Berita Culik Yang Diduga Hoax

BANDARLAMPUNG-(PeNa),Membuat resah masyarakat,  pengunggah berita Culik di media sosial (Medsos) Facebook, Maya Suci Rodia‎ti (19) warga Desa Gunung Pasir Jaya, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, diamankan petugas, di rumahnya, Senin (05/11)
“Maya Suci Rodiati sudah diamankan di Mapolres Lampung Timur. Saat ini masih diperiksa petugas,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol. Sulistyningsih.
Pengamanan terhadap yang bersangkutan, lanjut Sulistyaningsih, lantaran dia telah menyebarkan berita hoax melalui Medsos Facebook miliknya bernama “Maya Nong”, berisikan, “Culiknya udah sampai Gunung Pasir Jaya dan udah ada 2 anak yang hampir berhasil kena, ciri-cirinya membawa mobil L 300 dengan alasan menjual Lemari dan mencari rongsokan. Di iming-imingi uang 50 RB dan permen. Sampe sekolahan SD di GPJ dijaga Brimob kurang lebih 4 pasukan”.
“Akibat ulahnya, masyarakat menjadi resah dan petugas langsung melakukan pengecekan. Setelah dipastikan berita itu hoax, petugas kemudian mengamankan Maya Suci Rodiati di kediamannya,” ungkapnya.
Dari Maya Suci Rodiati diamankan barang bukti berupa, 1 unit HP merk Samsung J1 ACE warna putih, 1 buah simcard Telkomsel, 1 mikro SD merk V-Gen 8 GB, 1 akun facebook dengan nama “Maya Nong”, dan 4 lembar screen shot. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Maya Suci Rodiati bakal dijerat UU No11, Tahun 2008, tentang ITE, ancaman hukuman selama 6 tahun penjara. PeNa-obin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *