Polres Hanya Mampu Perpanjang SIM

PESAWARAN (PeNa)- Kepolisian Resort (Polres) Pesawaran hanya mampu melayani perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM)  A dan C. Sementara untuk memproses pembuatan SIM baru belum bisa karena keterbatasan peralatan. 
Hal tersebut disampaikan Kanit Regident Ipda Yohanes mewakili Kasat Lantas Polres Pesawaran AKP Rohmawan, di Mapolres Pesawaran, Senin (16/1). “Ya, hari ini sudah mulai dilaksanakan pelayanan SIM,” kata dia. 
Pelayan yang dimaksudkan adalah untuk perpanjangan SIM A dan C. Sementara untuk pembuatan SIM baru masih belum bisa karena alatnya belum tersedia dan masih pengajuan. 
 “Untuk sementara, kita hanya bisa proses perpanjangannya saja, kalau untuk pembuatan SIM baru, kita masih upayakan untuk pengadaan alat dan fasilitasnya,” kata dia. 
Yohanes juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran untuk segera memperpanjang SIMnya yang masa berlakunya akan segera habis.”Kalau mau perpanjangan SIM, cukup datang ke Mapolres dengan membawa syarat fotocopy KTP sebanyak 2 Lembar, fotocopy SIM yang lama 2 Lembar dan surat keterangan sehat dari dokter,” terang dia. 
Ditegaskan,untuk biaya proses perpanjangan SIM, masyarakat dapat melihat langsung daftar biaya yang telah ditetapkan. “Kalau untuk perpanjangan SIM A itu biayanya Rp100 ribu kalau untuk SIM C biayanya Rp75 ribu, itu diluar surat keterangan sehat,” tegasnya. 
Sementara itu, Tusimin (51) warga Desa Paguyuban, Kecamatan Way Lima menuturkan bahwa, dengan adanya pelayanan perpanjangan SIM di Mapolres Pesawaran dianggap sangat membantu masyarakat, terutama dalam melengkapi persyaratan dalam berlalulintas. “Enak mas sekarang kalau mau perpanjangan SIM cukup kesini saja (Mapolres Pesawaran) tidak perlu ke Bandarlampung ataupun Kalianda, cukup menghemat biaya akomodasi,” tuturnya.
Saat disinggung mengenai informasi yang diperoleh tentang waktu mulainya pelaksanaan pelayanan SIM, ia mengaku memang telah menunggu dimulainya pelaksanaan pelayanan SIM tersebut. “Saya waktu itu pernah kesini, tapi belum bisa melakukan pelayanan dan dikasih tahu kalau hari ini baru dibuka, makanya saya kesini lagi,” kata dia. Sapto  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *