Proyek Bibit Ternak Diduga Fiktif

Bantuan ternak (ilustrasi.net)

PESAWARAN (PeNa) – Proyek pengadaan bibit ternak kambing dan sapi di dinas pertanian dan peternakan kabupaten pesawaran tahun 2016 diduga fiktif.

Pengadaan bibit ternak yang menghabiskan Rp224.500.000 tersebut diduga dikerjakan oleh CV Arya Mandiri. Informasinya dana tersebut diambil dari APBD perubahan 2016.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesawaran Ratna Dewi membenarkan bahwa proyek pengadaan bibit ternak kambing dan sapi tahun 2016 memang ada dan sudah terealisasi. “Ya kalau pengadaan bibit ternak kambing dan sapi tahun 2016 memang ada dan sudah teralisasi,” kata Ratna diruang kerjanya, Kamis (22/12).

Namun Ratna tidak bisa menjelaskan tempat realisasi kegiatan tersebut. Alasannya, karena belum ada laporan secara tertulis dari pelaksana kegiatan. “Kalau tempat kegiatannya, saya tidak tahu karena memang belum ada laporan secara tertulis,” kata dia.

Kendati kegiatan proyek tersebut dikatakan sudah terealisasi namun Ratna tidak mengetahui besaran nilai kegiatan dengan alasan tidak mengetahui. “Kalau besaran angka persisnya saya tidak tahu, yang jelas sekitar dua ratusan juta,” cetusnya.

Didepan PeNa, Ratna menghubungi Kepala Bagian (Kabid) Peternakan Suparman. Sayangnya yang bersangkutan enggan dihubungi untuk dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut. “Barusan saya menelpon kabid, dan tidak diperkenankan menyebutkan tempatnya. Hanya mengatakan kalau proyek itu sudah direalisasikan,” kilahnya.

Informasi dilapangan, ada beberapa kegiatan didinas tersebut yang diduga fiktif atau tidak direalisasikan. Sumber yang enggan disebut namanya menuturkan, ada beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan. Kalaupun dilaksanakan juga tidak utuh atau dibuat seolah-olah ada kegiatannya. “Setahu saya, pengadaan bibit ternak kambing dan sapi tidak ada realisasinya,” kata dia. sapto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *