RI Bisa Punya Cadangan BBM 60 Hari, Begini Usul Pertamina

RI Bisa Punya Cadangan BBM 60 Hari, Begini Usul Pertamina

Saat ini Indonesia hanya memiliki cadangan BBM operasional untuk 18-22 hari. Artinya jika ada sesuatu bencana besar atau perang, dan pasokan minyak dari luar negeri terhenti, stok BBM Indonesia hanya bisa bertahan paling lama 22 hari.

Dibandingkan dengan negara-negara lain, cadangan BBM Indonesia tergolong amat sedikit. Malaysia punya cadangan BBM untuk 25 hari, Singapura punya cadangan BBM untuk 90 hari, cadangan BBM China juga 90 hari. Amerika Serikat (AS) bahkan punya cadangan BBM hingga 260 hari.

Yang dimiliki Indonesia juga baru cadangan operasional saja, belum ada cadangan strategis (Strategic Petroleum Reserve/SPR). PT Pertamina (Persero) punya solusi agar cadangan BBM Indonesia bisa ditingkatkan hingga 60 hari. 

Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang, memaparkan usul Pertamina agar stok BBM nasional bisa mencapai 60 hari, 30 hari dari cadangan operasional, dan 30 hari dari SPR. Berikut petikan wawancara khusus pena pada Kamis (19/1/2017) dengan Ahmad Bambang terkait hal tersebut:

Sekarang Indonesia baru punya cadangan BBM untuk operasional 18 hari saja, bagaimana upaya Pertamina meningkatkannya hingga 30 hari?
Saya sudah mengajukan ke kementerian. Saya tahu negara kesulitan, mau membangun SPR duitnya dari mana. Pengalaman kami masuk di negara mana pun, misalnya ke Laos, Vietnam, Myanmar, itu ada syarat kami investasi. Kok perusahaan asing di Indonesia enggak ada syarat itu? Jadi saya kasih saran, misalnya untuk tahap awal membangun cadangan operasional jadi 30 hari dulu. 

Jadi semua badan usaha yang membuat SPBU di Indonesia diwajibkan membangun storage dan punya cadangan BBM operasional 30 hari?
Iya. Keluarkan saja Permen atau Perpres bahwa semua badan usaha yang berbisnis di downstream harus memiliki atau menguasai stok 30 hari. Kan langsung jadi cadangan operasional 30 hari, Pertamina juga mesti mengembangkan ke sana. Yang swasta ecek-ecek di atas kertas pasti langsung gulung tikar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *