Siring Meluap, Macet Hingga 10 Km

Depan Kantor Kepolisian Resor (Polres)  Pesawaran sampai Pasar Desa Bernung macet parah dikarekan genangan air yang berasal dari luapan banjir yang tidak tertampung melalui siring kanan-kiri jalan. PeNa Sapto Firmansis 
PESAWARAN (PeNa)- Hanya karena air siring meluap deras ke jalan raya, macet kendaraan bermotor hingga 10 Kilo Meter. Yakni dari depan Kantor Kepolisian Resor (Polres)  Pesawaran sampai Pasar Desa Bernung, Selasa (21/2).
Air siring dimaksud adalah pecahan dari Sungai Way Semah yang dibuat irigasi untuk mengairi sawah di Desa Begelen. Hanya saja gorong-gorong yang dibuat terlalu kecil sehingga tidak mampu mengalirkan air tersebut secara maksimal. “Air meluap ini kerap terjadi saat hujan turun, penyebabnya ya karena gorong-gorong yang dibuat terlalu kecil. Mestinya dibuat jembatan atau gorong-gorong yang lebih besar agar air bisa lancar.,” kata Erlan tokoh masyarakat Kabupaten Pesawaran. 
Menurutnya, pemerintah pusat harus cerdas dalam membangun infrastruktur termasuk gorong-gorong yang menyebrangi jalan negara. “Kalau pemerintah pusat tidak asal jadi dalam membangun gorong-gorong tersebut, tentunya tidak begini saat diterpa hujan deras, ” ujar dia. 
Uraian kendaraan yang macet juga banyak dikeluhkan pegawai yang Bekerja diwilayah pesawaran. Seperti Nizar dan Erda warga Bernung,yang terjebak kemacetan sampai dua jam. “Kami berangkat dari rumah ke sini (Gedong Tataan), makan waktu dua jam. Ya karena macet air meluap di dekat kantor polres, ” ungkap dia. 
Sementara, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pesawaran, Firman Rusli mengatakan akan segera mengusulkan ke pemerintah pusat. “Ya dengan seringnya air meluap begini, kami akan segera mengusulkan perbaikan ke pusat. Karena jalan tersebut wewenang pusat,” kata dia. 
Kepada PeNa, Firman Rusli menegaskan melalui sambungan telepon genggamnya bahwa seharusnya gorong-gorong tersebut segera diperlebar dimensinya serta ditinggikan. “Seharusnya itu (gorong-gorong) ditinggikan dan diperbesar dimensinya agar air tidak meluap kejalan raya, ” tegas dia. PeNa-spt. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *