Tim Gabungan Pesawaran Lakukan Ops Yustisi di Area Pantai Wisata

PESAWARAN-(PeNa), Tim gabungan TNI,Polri dan Pemda Kabupaten Pesawaran lakukan Operasi Yustisi penegakkan protokol kesehatan dalam rangka menerapkan new normal guna mencegah penyebaran virus Corona.
Kegiatan tersebut dilangsungkan di Pantai Mutun Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan dan di Dermaga Ketapang Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan.
Sebelumnya, tim tersebut melakukan Apel kesiapan di Lapangan Krida Yuwana Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan dengan dipimpin oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kapten Infantri Sugeng Pamuji.
Dalam melaksanakan kegiatan, tim tersebut dibagi menjadi dua bagian yakni,Tim 1 (satu) di lokasi Pantai Mutun Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan yang terdiri dari 8 personil Sat Pol PP, 5 personil Kodim 0421/LS , 2 personil TNI AL (Marinir), 4 personil  Polres/Polsek Padang Cermin, 3 personil BPBD Kabupaten Pesawaran, 3 personil Dinas Pariwisata dan 2 personil Dinas Kesehatan.
Lalu, Tim 2 (dua) di lokasi Pantai Ketapang Desa Batumenyan Kecamatan Teluk Pandan yang terdiri dari 6 personil Sat Pol PP, 2 personil Kodim 0421/LS, 2 personil TNI AL (Marinir), 4 personil Polres/Polsek Padang Cermin, 4 personil BPBD dan 2 personil Dinas Pariwisata.
Sebelum melaksanakan tugasnya, Kapten Sugeng Pamuji memberikan arahan dan petunjuk cara bertindak dan bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat dengan cara humanis agar masyarakat bisa disiplin dan mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19.
Perlu diketahui, kedua tim tersebut dilapangan langsung bergerak mendatangi para pedagang dan pengunjung Wisata Pantai serta melakukan penilaian dan memberikan himbauan. Lalu, melaksanakan penerapan protokol kesehatan dengan kegiatan mengukur suhu tubuh, penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak aman di Pintu Masuk/Portal Pantai. Serta, melaksanakan patroli untuk menekankan dan mengingatkan masyarakat tentang protokol kesehatan.
Petugas tim tersebut juga memberikan himbauan kepada pengunjung tempat wisata guna memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum melakukan kunjungan ke lokasi wisata.
“Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan atau sesak nafas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut. Selalu menggunakan masker selama berada di lokasi wisata,” serunya.
Mereka juga meminta untuk menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer, hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut, tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter, saat tiba di rumah segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah dan melapor ke petugas di tempat jika mendapati seseorang sakit dengan tanda atau gejala klinis Covid-19.
Oleh: Sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *