Pariwisata Pesawaran Berbasis Kearifan Lokal

Pariwisata Pesawaran Berbasis Kearifan Lokal
PESAWARAN-(PeNa), Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona inginkan pariwisata daerahnya harus berbasis kearifan lokal. Melibatkan masyarakat sekitar guna meningkatkan ekonomi kreatif yang memiliki daya saing.
Demikian disampaikan saat dilangsungkan  FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) di aula Pantai Ringgung, Kecamatan Teluk Pandan, Jumat (11/8).”Yang kita inginkan, pariwisata Kabupaten Pesawaran harus berbasis kearifan lokal dengan melibatkan masyarakat sekitar. Ini penting, karena bisa meningkatkan ekonomi kreatif guna menunjang pembangunan, ” kata dia.
Didalam diskusi bertema Sinergi Pengembangan Pariwisata Pesawaran untuk Masyarakat tersebut, Dendi juga meminta adanya keterkaitan semua stakholder untuk saling merumuskan dan menyepakati dengan saling memahami dan mengerti.”Kita semua harus terlebih dahulu memahami, mengerti lalu menyepakati apa yang dirumuskan dan dibuat kerja sama dengan semua stakholder yang terlibat, ” terang dia.
Pesawaran menjadi lumbung pariwisata di Provinsi Lampung. Titik wisata alam tidak hanya ada pada keindahan bahari, tapi juga pada alam pegunungan yang sejuk dengan berbagai kekayaannya. “Pesawaran menjadi lumbung pariwisata di Provinsi Lampung, karena tidak hanya pada alam bahari saja melainkan alam pegunungan dengan kekayaan keindahan juga menjadi destinasi, ” ujar dia.
Ditegaskan, diskusi tersebut melibatkan semua unsur. Diantaranya, Dewan Riset Provinsi Lampung, aktifis lingkungan hidup, masyarakat pantai, pengusaha wisata, pengusaha tambak dan ikan laut, komunitas senyum, Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi dan pelaku wisata. “Dari diskusi ini, kita harapkan meningkatkan pariwisata yang pengelolaannya bagus. Banyak unsur yang terlibat disini, kami sebagai pemerintah hanya mengatur dan membuat regulasi. Tentunya harus ada hasil sebagai pendapatan asli daerah, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.