Syuroan, Bupati Dendi Serahkan Wayang Kulit Pada Ki Manteb

PESAWARAN-(PeNa), Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona serahkan wayang kulit kepada dalang Ki Manteb Sudaryanto sebagai tanda untuk segera dimulainya pagelaran wayang kulit dalam rangka bersih desa,Rabu (4/10) malam.

Pagelaran wayang kulit tersebut dilaksanakan di Dusun Adi Mulyo, Desa Kalirejo,Kecamatan Negeri Katon semalam suntuk guna merayakan datangnya tahun baru islam 1439 Hijriyah dan bersih desa atau biasa disebut Syuroan.”Saya serahkan wayang ini untuk segera dimulai dengan lakon Sesaji Rojo Surya. Semoga kita semua bisa mengambil intisari makna dari cerita yang akan dibawakan melalui wayang kulit ini,” kata Dendi Ramadhona.
Diterangkan Dendi, memaknai kegiatan Syuroan yang diadakan setiap tahun baru Islam dibulan Muharam tersebut harus dengan sungguh-sungguh. Sehingga,apa yang disampaikan dalam cerita wayang bisa menjadi semangat untuk membuat semuanya lebih baik dari sebelumnya.”Saya harap,memaknai pesan yang disampaikan dalam cerita wayang ini harus dengan sungguh-sungguh agar bisa berdampak positif pada kehidupan sehari-hari,” terang dia.
Kesempatan tersebut,Dendi pun mengajak masyarakat yang ada di desa Kalirejo untuk dapat berperan aktif dalam proses pembangunan.”Kita minta kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pembangunan. Misalnya saja menjaga jalan yang baru saja dibuat agar tidak dilewati kendaraan berat. Mohon kiranya saling menjaga,sehingga jalan yang sudah dibangun tetap terjaga dengan baik,” ujar dia.
Selain itu,gotong royong dan sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah serta legislatif terus dikembangkan guna meningkatkan capaian pembangunan yang merata.”Kita terus kembangkan dan tingkatkan gotong royong dan sinergitas bersama. Baik antara pemerintah dan masyarakat serta dengan legislatif, agar capaian pembangunan terus bisa dilakukan dengan baik dan merata,” urai dia.
Kemudian,hal yang sama juga dilakuan Dendi Ramadhona di Desa Trisnomaju Kecamatan Negeri Katon yang bersamaan melakukan kegiatan syuroan dengan menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Bupati beserta jajaran juga di ikuti Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran,Muhamad Natsir beserta beberapa anggota dewan dan ketua komisi. Pantauan PeNa, perhelatan wayang kulit di dua desa tersebut berlangsung meriah dan hikmat dalam mengikuti isi cerita yang disampaikan dalang. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.