HUT Dekranas Ke-38 Di Kabupaten Pesawaran Menjadi Momentum

PESAWARAN-(PeNa),  Hari Ulang Tahun  Dewan Kerajinan Nasional (HUT Dekranas) Ke-38 menjadi momentum meningkatkan ekonomi kreatif oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Kabupaten Pesawaran. Demikian disampaikan Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi di Aula Pemda setempat, Selasa (6/3).
Menurutnya, Dekranasda Kabupaten Pesawaran lebih bersinergi dalam pengembangan sumber daya manusia. “Melalui acara ini saya berharap Dekranasda Kabupaten Pesawaran dapat lebih mensingkronkan dan mensinergikan program dan kegiatan Dekranasda dalam pengembangan sumber daya pengrajin melalui regenerasi pengrajin sekaligus meningkatkan daya saing produk kerajinan, meningkatnya kualitas produk kerajinan yang punya daya saing tinggi, meningkatnya kualitas pengrajin yang semakin unggul melalui regenerasi pengrajin. Sehingga diharapkan pada gilirannya  dapat mendorong semangat kewirausahaan, dalam mendukung ekspor kerajinan yang semakin meningkat,” papar dia.
Dan untuk mewujudkan tujuan tersebut, kata dia,  tentunya diperlukan keberpihakan dan fasilitasi dari Pemerintah serta dukungan semua pihak.”Untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran, sekali lagi  saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pesawaran, yang tak henti hentinya berperan dalam peningkatan dan pengembangan produk kerajinan di wilayah Kabupaten Pesawaran, dan secara khusus kepada bapak Bupati Pesawaran yang begitu luar biasa peduli terhadap perkembangan UMKM secara keseluruhan di Kabupaten Pesawaran,” kata dia.
Ditegaskan, Dekranasda Kabupaten Pesawaran akan terus membantu pemerintah daerah secara masif. “Kami selaku Dewan Kerajinan Nasional Daerah juga akan terus berupaya dan berjuang dalam membantu pemerintah daerah serta stakeholder lain secara masif untuk memberi ide, gagasan akan langkah yang strategis serta sustainable (berkelanjutan) dalam rangka peningkatan kwalitas pengrajin di Bumi Andan Jejama yang kita cintai dan kita banggakan ini,” tegas dia.
Untuk diketahui, data terakhir tercatat angka binaan Dekranasda Kabupaten Pesawaran saat ini berjumlah 311 pengrajin yang tersebar disemua kecamatan. Adapun bentuk kegiatan dari Dekranasda Kabupaten Pesawaran pada tahun 2016 adalah Program bantuan mesin dan peralatan sebanyak 20 KUB bagi Pelaku Usaha yang bergerak dibidang kerajinan, kunjungan kerja yang dilaksanakan di Sumatera Barat yang bergerak dibidang kerajinan bordir, BIMTEK bagi Pelaku Usaha Kecil kerajinan baru. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *