Bupati Pesibar Buka Festival Teluk Stabas Ke-5

PESISIR BARAT-(PeNa), Kegiatan Festival Teluk Stabas Ke-5 resmi dibuka Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal di Pantai Labuhan Jukung, Krui, Senin (16/4).
Festival tersebut dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Pesisir Barat dan dilangsungkan sejak 16 April 2018 hingga 23 April 2018 mendatang. Rencananya berbagai lomba dan pagelaran akan dilaksanakan guna menghibur masyarakat dan menarik wisatawan. Diantaranya, Parade Budaya Bebay Ngantak Uyan Sasuduk, Lomba Nyulam Tapis, Tari Adat Lampung, Tari Kreasi Lampung, Ngukokh Kelapa, Ngunduh Damar, Burung Berkicau, Mawalan dan Lomba Nyelimpokh Gelamay.
Dalam sambutannya, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan bahwa Kabupaten Pesisir Barat merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.“Karena itulah kami menyajikan sebuah festival budaya agar wisatawan tidak hanya mengenal keindahan alam Pesisir Barat saja, tapi juga kearifan lokal yang dimiliki masyarakatnya,” kata dia.
Menurutnya, untuk wisatawan manca negara diharapkan tidak hanya bermain selancar tapi bisa menyaksikan keindahan alam dan budaya lokalnya.”Kedepan, potensi wisata budaya juga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bukan saja pada bermain selancar ombak, ” ujar dia.
Ditegaskan, Kabupaten Pesisir Barat harus bisa menjadi tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal.” Salah satu misi Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat adalah mewujudkannya menjadi daerah tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal.” tegas dia.
Menanggapi hal tersebut, Ketua Panitia Festival Teluk Stabas Ke-5 Audi Marfi bahwa seluruh rangkain kegiatan tersebut merupakan bentuk kecintaan terhadap Kabupaten Pesisir Barat yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.“Kami ingin event ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menyaksikan, sekaligus sebagai sarana memelihara tradisi dan budaya masyarakat Pesisir Barat. Sehingga, secara ekonomi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.  PeNa-and.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.