Bupati Sujadi Ajak Dandim 0424 Panen Perdana 

PRINGSEWU-(PeNa),  Bupati Pringsewu Sujadi ajak Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Arh Anang Hasto Utomo lakukan panen raya perdana  pada cetak sawah baru Pekon Ambarawa Timur, Kecamatan Ambarawa, Senin (9/4).

Diketahui, program cetak sawah tersebut di lakukan pada areal lahan seluas 40 Hektar dari kerja sama Dinas Pertanian Pringsewu dengan Kodim 0424 Tanggamus. Pada kegiatan tersebut, hadir juga Danramil Pringsewu Kapten Inf. Redi Kurniawan, Camat Ambarawa Yuli Susapto, kepala UPT Pertanian dan Puskesmas Ambarawa, Kapekon Ambarawa Timur Rokhmat, ketua serta anggota Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani pekon Ambarawa timur.

Menurut Camat Ambarawa Yuli Susapto, luas sawah produktif di Kecamatan Ambarawa mencapai 1.837 hektar, kemudian ditambah dengan hasil cetak sawah baru di Pekon Ambarawa Timur seluas 40 hektar, menjadi 1.877 hektar. “Sebelum cetak sawah baru, hasil panen di Ambarawa Timur adalah 6,5 ton/hektar, dan sekarang setelah ada cetak sawah baru bisa 7,6 ton/hektar, hal ini berdampak baik untuk kesejahteraan petani, apalagi Kecamatan Ambarawa merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Pringsewu selain Kecamatan Gadingrejo.” kata dia.

Di tempat yang sama Dandim 0424 Letkol Arh. Hasto Utomo mengatakan program perluasan cetak sawah baru yang diadakan institusinya merupakan kegiatan yang selalu dipantau oleh pusat. “Dengan cetak sawah baru ini, diharapkan program pemerintah untuk menuju swasembada pangan dapat tercapai,” ujarnya.

Namun ada satu pekerjaan rumah yang mesti dilakukan dalam upaya meningkatkan produksi pertanian terkait cetak sawah baru tersebut yakni perbaikan tanggul sepanjang 1 km. “Yang sudah diperbaiki baru sepanjang 400 meter. Untuk ini, saya berharap Pemkab Pringsewu dalam hal ini Dinas PU dapat melanjutkan perbaikan tanggul tersebut,” cetus dia.

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak TNI dan masyarakat Ambarawa yang telah mendukung program ketahanan pangan dengan cetak sawah baru. “Pemerintah senantiasa konsisten dengan program ketahanan pangan, dimana masalah pangan ini merupakan misi ke-empat dari visi Bersahaja,” kata dia.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu, berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya TNI, dalam rangka mendukung program ketahanan pangan berkelanjutan. Selain itu, pihaknya bersama DPRD juga menerbitkan peraturan daerah tentang lahan pertanian berkelanjutan. “Sebagai tindak lanjut perda tersebut, saya juga sudah mengeluarkan Surat Edaran keseluruh pekon, untuk masing-masing pekon menetapkan lahan pertanian berkelanjutan,” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.