Anak Pesawaran Segera Miliki Identitas Serupa KTP

 

PESAWARAN-(PeNa), Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Pesawaran segera mencetak Kartu Identitas Anak (KIA). Demikian disampaikan Koordinator Disdukcapil Provinsi Lampung Ketut Partayasa diruang kerjanya, Rabu (1/8).
Ketut Partayasa yang juga menjabat Kepala Disdukcapil Kabupaten Pesawaran mengatakan bahwa tidak lama lagi akan menerbitkan KIA. “Ya, pemerintahan Dendi Ramadhona-Eriawan terus melakukan inovasi dalam meningkatkan dan melayani administrasi kependudukan. Diantaranya, segera menerbitkan KIA bagi anak berusia dibawah 17 tahun, ” kata dia.
Diterangkan, KIA nantinya akan berfungsi mirip dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hanya saja, seluruh data yang dihimpun diambil dari Kartu Keluarga (KK). “Nantinya, setiap anak harus memiliki KIA. Mudah kok syaratnya, asalkan tercatat di KK maka bisa diterbitkan KIAnya. Input datanya juga berdasarkan KK, jadi tidak ada kendala, ” terang dia.
KIA sebagai identitas anak yang dapat dimanfaatkan diberbagai jenjang. Karena, didalam KIA tertera golongan darah dan tanggal lahir serta nama lengkap berikut alamat tempat tinggal.
“Kedepan, anak yang belum memiliki KIA harus segera mengurusnya sebagai persyaratan masuk sekolah. Pemda juga akan lebih mudah memetakan berapa jumlah anak lengkap dengan identitas pribadinya. Banyak manfaatnya KIA, ketika si anak hilang bisa lebih cepat menemukannya. Dan KIA secara otomatis akan tidak berlaku manakala si anak berusia 17 tahun, ” ujar dia.
Untuk diketahui, Ketut Partayasa telah mendapatkan penghargaan dari Bupati Pesawaran atas partisipasi memenuhi hak sipil anak menuju Kabupaten Pesawaran layak anak. Selain itu, kinerjanya dalam melayani masyarakat khususnya tentang akta kelahiran anak atau yang berkaitan dengan administrasi kependudukan anak di Kabupaten Pesawaran. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.