Adanya Kejari Pesawaran Dapat Mempersingkat Waktu

PESAWARAN-(PeNa), Nantinya, keberadaan Kejaksaan Negeri (Kejari) di Kabupaten Pesawaran dapat mempersingkat waktu bagi jaksa dalam menjalankan tugas. Demikian diungkapkan Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Susilo Yustinus, Kamis (27/9).
Menurutnya, semula jaksa membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menuju ke Pesawaran dari Kalianda,Lampung Selatan. “Ya kalau sekarang, ketika jaksa ada tugas ke Pesawaran membutuhkan waktu sekitar dua jam. Nah, kalau Kantor Kejari sudah dibangun, maka akan lebih efektif dalam menjalankan tugasnya, ” ujar dia saat dilokasi lahan rencana dibangun kantor Kejari Pesawaran.
Untuk diketahui, rencananya Kantor Kejari akan dibangun di Desa Taman Sari Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Letaknya, berdekatan dengan rencana dibangunnya Kantor Pengadilan Negeri dan tidak jauh dari Mapolres Pesawaran. “Ya, di Kabupaten Pesawaran sudah ada Polres dan rencana pembangunan Pengadilan Negeri. Dan kita lihat, Kantor Pengadilan Agama juga sudah ada. Mudah-mudahan segera terealisasi pembangunannya, ” tegas dia.
Menanggapi hal tersebut, Kapolres Pesawaran AKBP Syaiful Wahyudi mengaku sangat mendukung dengan segera dibangunnya Kantor Kejari Pesawaran. “Ya kalau sudah ada Kejari, kan lebih dekat dalam komunikasi. Misal saja saat dilakukan pelimpahan berkas tersangka berikut barang bukti, tidak perlu lagi seperti sekarang ini memakan waktu tempuh lumayan lama, ” kata dia.
Diungkapkan, kepolisian dalam berkoordinasi kaitan pekerjaan atau penanganan suatu perkara juga bisa lebih cepat. “Ya, kami sangat mendukung dengan adanya percepatan pembangunan Kantor Kejari di Pesawaran. Ini akan lebih mempermudah dan mempercepat kami dalam berkoordinasi. Karena tidak lagi membutuhkan waktu dan biaya banyak, kan dekat, ” ungkap Syaiful.
Tahapan rencana pembangunan Kantor Kejari Pesawaran hanya tinggal menunggu anggaran dari pemerintah pusat. Langkahnya, uji kelayakan telah dilaksanakan yakni oleh Kepala Biro Perencanaan Kejaksaan Agung Jaya Kusuma, Asisten Deputi Bidang Hukum HAM dan Aparatur Negara, Sekretariat Kabinet Republik Indonesia Purnomo Sucipto dan Kajati Lampung Susilo Yustinus. Sedianya, pembangunan akan dianggarkan pada tahun anggaran 2019 nanti. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.