Akibat Longsor Jalan Desa Lumpuh Warga Digotong 5 Kilometer

PESAWARAN-(PeNa), Akibat bencana tanah longsor dan menutup jalan, Suyanto (40) warga Dusun Gunung Gede Desa Sumber Jaya Kecamatan Way Ratai harus digotong menuju Puskesmas Pembantu (Pustu) guna berobat, Kamis (08/11).
Kepada PeNa, beberapa warga tetangganya mengaku terpaksa harus menggotong menggunakan kain sarung dan berjalan sekitar lima kilo meter menuju ke Pustu Desa Sumber Jaya Kecamatan Way Ratai. “Ya terpaksa, Yanto sudah lemah dan harus dibawa ke Puskes. Jalan tertutup longsoran, mobil tidak bisa lewat. Ya kita gotong, meski jalan sejauh lima kilo meter. Sekitar satu setengah jam kita jalan sampai ke Pustu Sumber Jaya ini, ” kata warga yang mengaku bernama Tolib.
Kondisi Yanto beruntung, saat datang tepat ada kunjungan rombongan Bupati beserta jajaran. Salah satunya adalah Kepala Dinas Kesehatan Harun Tri Joko. “Ya tadi ada pasien datang dengan digotong, kita langsung ambil tindakan kesehatan dan langsung dipasang infus karena kondisinya lemah, ” kata Harun.
Diterangkan, pemeriksaan sementara telah dilakukan dan pasien langsung dibawa ke Puskesmas Rawat Inap Padang Cermin guna dilakukan penanganan dan observasi. “Kalau disini kan tidak memenuhi syarat, pasien tersebut kita bawa ke Puskes rawat inap Padang Cermin untuk diambil penanganan lebih lanjut. Tadi yang dikeluhkan sakit pada kepala, dia pulang dari merantau di Jambi sudah sakit. Jadi bukan sakit karena dampak tanah longsor, ” terang dia.
Sementara itu, dampak tanah longsor yang menutup akses jalan penghubung antar desa membuat warga tidak bisa melintas dan hanya kendaraan roda dua. Itu juga harus hati-hati, selain kondisi jalan yang sangat licin tanjakan dan turun jalan sangat curam.
Guna mengatasi hal tersebut, Bupati Pesawaran memerintahkan Dinas PU Tata Ruangnya untuk segera menurunkan alat berat ke lokasi longsor.
“Kita akan kirimkan alat berat untuk membersihkan material yang menutupi jalan dan menimpa rumah. Sementara ini kita lakukan pembersihan dengan gotong royong, juga untuk rumah yang rusak berat nantinya akan kita bedah rumah agar dapat kembali dihuni oleh dua keluarga, ” kata Bupati Dendi diampingi Sekretaris Dinas PU Tata Ruang Kabupaten Pesawaran, M. Fikri.
Ditegaskan, bantuan sudah kita distribusikan kepada 19 warga yang terkena dampak bencana tanah longsor di Desa Sumber Jaya Kecamatan Way Ratai. “Seluruh bantuan, baik yang diperlukan warga korban bencana maupun infrastruktur telah dilaksanakan. Jalan sudah sedikit demi sedikit dibersihkan, yang penting bisa dilalui sepeda motor. Besok baru dengan alat berat untuk membenahi longsoran tanah tersebut, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *