Polres Pesawaran Ingatkan  Masyarakat Jangan Percaya Oknum

PESAWARAN-(PeNa), Polres Pesawaran peringatkan kepada masyarakat untuk jangan percaya kepada oknum yang dapat memasukan calon anggota Polri, meskipun dengan iming-iming.
Hal tersebut diungkapkan ketika sosialisasi penerimaan anggota Polri tahun 2019 dilima sekolah yang berada diwilayah hukum Polres Pesawaran, Senin (26/11). Kelima sekolah tersebut adalah  SMA Negeri 2 Gedong Tataan, SMA Negeri 1 Gedong Tataan, SMK Pelita, SMK Yamako dan SMK Negeri 1 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran.
Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro mengatakan bahwa sosialisasi tersebut sebagai informasi yang harus diterima oleh pelajar yang menginjak kelulusan. “Pelaksanaan sosialisasi ini dengan memberikan edukasi secara terpadu kepada para pelajar, sehingga mereka dapat lebih mempersiapkan diri, ” kata dia.
Dijelaskan, sosialisasi tersebut juga untuk mencegah adanya dugaan praktik oknum yang mengatasnamakan institusi. “Dalam sosialisasi tersebut, masyarakat pelajar juga diinformasikan untuk tidak mempercayai ketika ada oknum yang mengaku dapat meloloskan pendaftaran. Jika perlu, mereka segera melaporkan ketika ditemui oknum tersebut, ” jelas dia.
Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian (Kabag) Sumda Polres Pesawaran Kompol Hidayat Hutasuhut mengatakan bahwa sosialisasi tersebut untuk memberikan gambaran juga bertujuan meningkatkan animo para pelajar agar mempersiapkan diri sejak dini pada pelaksanaan rekruitmen pendaftaran anggota Polri nantinya.
“Kami melaksanakan inovasi dengan jemput bola yaitu selain melaksanakan sosialisasi pada pelajar juga memberikan himbauan terkait Oknum – oknum yang dapat menyalahgunakan tanggung jawab terkait Iming – iming dapat meluluskan para peserta rekruitmen dengan imbalan agar tidak dipercaya, ” kata dia.
Dia menegaskan, untuk menjadi anggota Polri tidak dipungut biaya serta bantuan orang dalam. “Para pelajar yang ingin mendaftar, hanya mempersiapkan diri dengan baik dan berlatih. Masuk Polri tidak perlu uang tidak boleh suap dan tidak butuh beking, siapkan diri dengan baik dan berlatihlah, ” tegas dia.
Ia pun menjelaskan kepada para pelajar tentang bagaimana tahapan – tahapan seleksi penerimaan anggota Polri. Diantaranya tahapan mulai dari pemeriksaan administrasi, kesehatan, psikologi, jasmani dan akademi.
Tak hanya itu, nantinya para peserta bakal diberikan pemahaman tentang psikologi, meliputi kondisi manusia, baik kepribadian, inteligensi dan sikap kerja, hal itu bertujuan untuk memahami kondisi mental dan perilaku seseorang calon anggota Polri, “Kita juga akan berikan pemahaman mengenai psikologis masing – masing orang,” ujar dia.
Dari hasil sosialisasi tersebut, antusias pelajar sangat tinggi. Minat mereka tergambar pada banyaknya jumlah siswa yang mengikuti dengan seksama saat diberikan pengarahan materi oleh jajaran Polres Pesawaran. “Kita apresiasi sekali antusiasme mereka pada acara ini, sekitar puluhan pelajar disini banyak yang tertarik untuk menjadi anggota Polri,” pungkasnya. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *