Pemda Pesawaran Jamin Warga Dampak Tsunami Tercukupi Logistik

PESAWARAN-(PeNa), Seluruh warga yang terkena dampak bencana tsunami dijamin tercukupi logistiknya. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa diruang kerjanya, Kamis (27/12).
Menurutnya, sejak terjadinya bencana tsunami beberapa waktu lalu di Desa Legundi Kecamatan Punduh Pidada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Kabupaten Pesawaran turun ke lapangan guna melakukan penanganan.
“Dari awal memang seluruh OPD sudah turun kelapangan guna menangani warga yang terdampak tsunami. Baik logistik sembako, peralatan mandi, selimut tidur, pakaian layak pakai, kebutuhan wanita sudah dikirimkan. Setiap hari kita lakukan pengiriman, ” kata Kesuma Dewangsa.
Diterangkan, masa tanggap darurat hanya tujuh sampai empat belas hari. Namun, bantuan terus diberikan.
“Ya kalau waktu ketentuan tanggap darurat hanya maksimal empat belas hari. Tapi kita terus lakukan pengiriman bantuan, pendataan dan pemetaan terkait infrastruktur dan bangunan atau gedung dan rumah yang rusak akibat tersapu tsunami, ” terang dia.
Dijelaskan, terkait dana pemerintah daerah yang ada belum cukup untuk me-recovery kondisi desa terdampak tsunami tersebut.
“Kita cukupi apa yang menjadi kebutuhan warga di Desa Pulau Legundi. Kita juga sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat melalui kementrian, diantaranya kementrian sosial dan kementrian Sumber Daya Mineral dan Pertambangan. Karena listrik PLTS yang baru saja dibuat hampir seluruhnya rusak, ” jelas dia.
Ditegaskan, dana yang diperuntukan untuk tanggap darurat sebesar dua milyar rupiah sudah digunakan pada bencana longsor beberapa waktu lalu.
“Dana untuk penanganan bencana sudah digunakan pada tanah longsor waktu lalu sebesar Rp1,2 Milyar dan masih ada sisa Rp800 Juta. Nah, untuk itu kita ajukan bantuan dana kepada pusat guna mencukupi kebutuhan re-covery pasca tsunami, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.