Pemda Pesawaran Segera Lakukan Pendampingan Korban Tsunami

PESAWARAN-(PeNa), Untuk memulihkan pola fikir anak-anak dan perempuan yang menjadi korban Tsunami, Pemerintah Kabupaten Pesawaran segera melakukan pendampingan psikologis.
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan bahwa kepada korban tsunami akan dilakukan trauma healing di Desa Pulau Legundi Kecamatan Punduh Pidada.
“Pemda Kabupaten Pesawaran bekerja sama dengan pekerja sosial (peksos) segera melakukan trauma healing kepada perempuan dan anak-anak yang mengalami trauma pasca bencana tsunami, ” kata dia, Minggu (23/12).
Menurutnya, kegiatan tersebut diberikan guna memulihkan pola fikirnya agar tidak larut dalam perasaan trauma yang dapat berdampak negatif bagi perkembangan psikologisnya.
“Mereka pasti mengalami banyak trauma, untuk itu kami akan berikan pendampingan agar tidak larut pada perasaan trauma. Karena, dampak psikologisnya sangat negatif bagi perkembangan jiwanya. Kita akan memulihkan keceriaan mereka, ” ujar dia.
Ditegaskan, nantinya Pemda Pesawaran melalui satuan terkait akan melakukan pendataan guna mengetahui seberapa banyak dan pengaruhnya trauma akibat kejadian tersebut.
“Kita akan lakukan pendataan, siapa saja yang mengalami trauma berat atau ringan di Desa Pulau Legundi akibat bencana tsunami tersebut. Kemudian, kita lakukan pendampingan konseling sampai mereka benar-benar pulih, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.