Ditpolairud Polda Lampung Gagalkan Transaksi Bahan Peledak

BANDARLAMPUNG-(PeNa), Pemasok bahan peledak jenis bom ikan berinisial IR (21) warga Jalan Teluk Bone 1, Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandarlampung, diamankan petugas Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Lampung, saat hendak  transaksi di sekitar Puskesmas Rawat Inap, Kota Karang, Teluk Betung Timur, Bandarlampung, Senin (28/01).
Direktur Polairud Polda Lampung, Kombes Pol. Usman HP, didampingi Kasubdit Gakkum Polairud Polda Lampung, AKBP. Doddy Ferdinand Sanjaya membenarkan, pihaknya telah mengamankan tersangka berinisial IR di Markas Direktorat Polairud Polda Lampung.
“Saat di introgasi, tersangka IR mengaku telah menjual bahan peledak jenis potasium (Ampo) dan Detonator (Kip/ Sumbu Peledak) kepada nelayan selama dua tahun,” kata Usman HP.
Dari tersangka IR, lanjut Usman HP, diamankan barang bukti berupa, Potasium (Ampo) seberat 2 Kg, Detonator sebanyak 20 buah, dan 1 unit sepeda motor jenis Honda Beat warna putih.
“Kasusnya, masih di kembangkan, guna mengetahui dari mana asal bahan peledak tersebut,” ucapnya.
Kepada seluruh masyarakat yang kesehariannya berkerja sebagai nelayan, tambah mantan Kabid Propam Polda Lampung, pihaknya menghimbau, agar tidak menggunakan peledak untuk menangkap ikan, karena selain bisa membahayakan dan membunuh diri sendiri, juga bisa merusak kelangsungan hidup biota laut khususnya ikan dan trumbu karang.
“Bayangkan bila populasi ikan dan trumbu karang punah atau rusak, otomatis para nelayan tidak akan bisa mendapatkan ikan, bila ada pun hasilnya tidak sesuai atau merugi. Wilayah kita, kaya akan keindahan lautnya yang bisa menjadi objek wisata, mari kita jaga bersama agar tidak rusak. Bila ada kegiatan yang sifatnya merusak menangkap ikan menggunaan bom ikan laporkan kepada petugas, kita tidak segan-segan melakukan penindakan dan memprosesnya sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegas dia. PeNa-obin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.