Dua TPS Teridentifikasi Rawan, Polres Tuba Terjunkan 680 Personil

TULANG BAWANG (PeNa)- Kepolisian Resort (Polrest) Tulang Bawang, mengidentifikasi dua kecamatan  sebagai rawan, dalam pelaksanaan pemilu 17 April mendatang. Yakni Rawa Jitu Utara dan Kecamatan Dente Teladas.

Itu diakui Kapolres Tulang Bawang, Ajun Komisaris Besar Syaiful Wahyudi saat memberikan arahan persiapan pemilu. Dalam arahan tersebut juga dijelaskan pola pengamanan TPS dan kekuatan personil yang dilibatkan dalam hajat demokrasi terbesar di Indonesia tersebut.

“Setiap personil baik ditingkatan polres maupun polsek wajib memahami tugas pokoknya masing-masing,” ujar Syaiful di Wira Satya, Mapolres setempat kemarin.

“Sehingga dalam pembuatan rencana kegiatan (rengiat) harian, mingguan dan bulanan yang telah di dukung oleh anggaran dalam DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) RKA-KL (rencana kerja dan anggaran kementerian negera/lembaga) tahun 2019, dapat terukur dan terencana dengan baik,” tambahnya.

Tahapan Pemilu (pemilihan umum) 2019 sekarang sedang dalam tahapan kampanye, kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 13 April 2019, dilanjutkan dengan masa tenang selama 3 hari (14-16 April 2019) dan hari H Pencoblosan tanggal 17 April 2019.

“Personel yang terlibat dalam pengamanan di TPS (tempat pemungutan suara) harus mengerti dan memahami apa yang menjadi tugasnya, apa yang tidak boleh dilakukan serta apa yang menjadi kewajibannya untuk dilaporkan kepada pimpinan secara berjenjang,” terang Syaiful.

Pada pelaksanaan Pemilu 2019 ini, total semua TPS yang ada di wilayah hukum Polres Tulang Bawang sebanyak 2013 TPS. Dengan rincian sebanyak 1216 TPS berada di Kabupaten Tulang Bawang dan sebanyak 797 TPS berada di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Dari 1216 TPS yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, sebanyak 1213 TPS menggunakan pola Kurang Rawan, 2 TPS menggunakan pola Rawan dan 1 TPS menggunakan pola Khusus, sedangkan sebanyak 797 TPS yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat semuanya menggunakan pola Kurang Rawan,” kata dia.

Dua TPS yang menggunakan yang menggunakan pola Rawan berada di Kecamatan Rawa Jitu Utara dan Kecamatan Dente Teladas, sedangkan 1 TPS yang menggunakan pola Khusus berada di dalam Rutan Kelas II B Menggala.

Untuk total personel yang akan dilibatkan pada tahapan pemungutan suara adalah sebanyak 680 personel, dengan rincian 425 personel Polres dan Polsek jajaran, 175 personel BKO Polda Lampung, 60 personel BKO Brimob dan 20 personel BKO Ditpolairud Polda Lampung.PeNa-edi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *