DPTb Tambahan KPU Kota Bandarlampung Catat 300 Pemilih

BANDARLAMPUNG-(PeNa), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung mencatat sedikitnya 300 calon pemilih sudah mengurus surat pindahnya.
Untuk diketahui, KPU Bandarlampung telah memberikan tenggat waktu kepada calon pemilih KTP luar Bandarlampung untuk mengurus surat pindah memilih di Kota Bandarlampung sejak tanggal 11 Februari sampai dengan 17 Maret 2019.
Hal tersebut dikemukakan oeh Komisioner KPU Bandarlampung Divisi Perencanaan dan data Fery Triatmojo, Sabtu (16/03).
” DPTb tahap dua masih dalam tahap pendaftaran dan penyusunan di tingkat PPK dan PPS. Jumlah pemilih pindahan baru akan kami rekap dan tetapkan pada pleno terbuka di tanggal 20 Maret 2019. Namun sementara ini yang tercatat ada 300 pemilih yang sudah mendaftar, beragam secara proprosional,” kata Fery.
Menurutnya, untuk pengurusan surat pemberitahuan pindah memilih ini ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama pemilih dapat langsung datang ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU kabupaten/Kota asal tempat pemilih terdaftar di DPT.
Kemudian yang kedua, jika pemilih tidak dapat mengurus di tempat asalnya, maka dapat langsung melapor ke KPU Kabupaten/Kota tujuannya. Dan untuk KPU Bandarlampung di Jalan Pulau Sebesi Bandarlampung, tepatnya di belakang kampus UIN Raden Intan.
“Pemilih yang sudah mendapatkan form A.5-KPU ini dapat segera melapor ke PPS tujuannya untuk mengetahui di TPS mana pemilih tersebut dapat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang,” ujar dia.
Pemilih yang menggunakan Formulir A.5-KPU ini sama seperti pemilih yang terdata di DPT, dapat menggunakan hak pilihnya mulai pukul 07.00WIB sampai dengan 13.00 WIB di TPS yang telah ditentukan.
Diketahui, dalam berita acara nomor 154/HK.03.1-Kpt/1871/KPU-Kot/II/2019, Komisi Pemilihan Umum memutuskan menetapkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Bandarlampung tentang penetapan Daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) tingkat Umum 2019.
Yakni, menetapkan DPTb yang terdiri dari 184 orang jumlah pemilih pindah, 111 jumlah pemilih pindah keluar tersebar di 20 kecamatan, 126 desa/kelurahan. Dan 504 TPS DPTb dengan rincian sebagaimana tercantum pada lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahan dari keputusan ini.
Lalu, menetapkan jumlah daftar pemilih pada pemilihan umum tahun 2019 dengan jumlah pemilih sebanyak 631.816 pemilih dengan rincian pemilih laki laki dengan jumlah 320.310 pemolih. Dan pemilih perempuan berjumlah 317.505 pemilih dengan rincian sebagaimana tercantum pada lampiran yang merupakan bagian tak terpisahkan  dadi keputusan ini.
“Pasalnya partisipasi pemilih untuk Pemilu dan Pilpres tahun 2019 ditargetkan 77,5 persen, ” tegas dia. PeNa-sp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *