Soal Illegal Logging Pesawaran, Akhirnya TNI Turun Tangan

PESAWARAN-(PeNa), Terkait maraknya illegal logging atau pembalakan liar di Taman Hutan Wan Abdurahman (Tahura) Register 19, akhirnya TNI bersama unsur lain turun tangan.
Dipimpin Perwira penghubung (Pabung) wilayah Kabupaten Pesawaran Kapten Inf. Suprapto, jajaran TNI Kodim 0421/Lampung Selatan bersama personil Dinas Kehutanan dan unsur masyarakat melakukan patroli dibeberapa titik yang diindikasikan sebagai jalur atau tempat kayu sonokeling dari hutan tersebut.
“Untuk lokasi patroli yang di laksanakan tim gabungan Anggota Kodim 0421/Ls dan Polhut Provinsi Lampung diantaranya  di Pulau Raya, Umbul solo, Limbungan dan wilayah Batu Lapis,” kata Suprapto, Sabtu (16/03).
Sebelum kegiatan dilakukan, Kapten Inf Suprapto yang juga menjabat Plh Komandan Koramil 421-02 Gedong Tataan memberikan pengarahan di Aula Kantor Koramil setempat kepada seluruh personil TNI dan Polhut yang akan bertugas.
“Adapun hasil dari briffing angota,
Untuk tim patroli di bagi dua  kelompok. Kelompok satu dipimpin saya sendiri Kapten Infantri  Suprapto menuju Pulau Raya atau Limbungan. Lalu, kelompok dua dipimpin oleh Kapten Chb Agus Masgusrianto menuju Umbul Solo atau Batu Lapis, ” terang dia.
Pada pukul 08.50 WIB, Tim Patroli meningalkan Kantor Koramil Gedong Tataan menuju sasaran lokasi hutan yang dituju. Kurang lebih perjalanan empat kilo meter dari kantor PTPN VII Way Lima, tim satu menemukan dua balok kaleng kayu sonokeling ukuran panjang 2,5 meter di pinggir jalan setapak areal kawasan Hutan register 19 Tahura.
Kemudian, kurang lebih sekitar dua kilo meter dari penemuan tersebut, tim satu menemukan kembali kayu sonokeling sebanyak 130 buah dengan ukuran balok kaleng,  berbentuk balok panjang 2M sampai 2,5M dan sembilan log jenis kayu sonokeling di kawasan Pos Limbungan dan sekitarnya yang diduga hasil pembalakan liar.
“Hasil penemuan kayu yang berbentuk Log dan Balok kaleng di beri tanda dan di awasi oleh Polhut di bantu Babinsa dan anggota lembaga swadaya masyarakat serta akan di laporkan ke Kotas dan Kadis Kehutanan untuk tindakan selanjutnya, ” tegas dia.
Personil yang ikut pada kegiatan Patroli gabungan tersebut adalah :
Anggota Kodim 0421/LS
– Kapten Inf. Suprapto
– Kapten Chb. Agus. Masgus ( Plh Danramil Kedondong )
– 4. 0rang anggota Koramil 01, 02, 05, 06
– Serka Usman
– Sertu Sahrul Ali
– Serda Budiman
– Koptu Budi Pranoto
– Wiyogo ( Kabit Perlindungan dan konservasi hutan )
– Samsurizal  ( Kasi perlindungan dan pengamanan hutan )
– Amir Syah ( Kasat POLHUT Provinsi Lampung )
– 9 Anggota POLHUT Provinsi Lampung.
– Sumardi (KKPH Tahura Abdurrahman )
– Amran Rosidi (Aggota Polhut Tahura Abdurrahman)
– B.Firman Syah ( Lembaga swadaya masyarakat).
“Kegiatan patroli gabungan tersebut berlangsung dengan aman dan lancar, ” tutupnya. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.