Wabup Pesawaran Minta Pegawai Fungsional Jaga Amanah

 

PESAWARAN-(PeNa), Wakil Bupati Pesawaran Eriawan meminta kepada pegawai fungsional yang baru dilantik agar dapat menjaga amanah dan kepercayaan yang diberikan negara.

 

Demikian dikemukakan saat memberikan sambutan pada pelantikan dan pengambilan sumpah janji terhadap 275 Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan Fungsional di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pesawaran yang dilangsungkan di Aula Pemkab setempat, Senin (29/04).

Dikesempatan tersebut Eriawan berpesan kepada para pegawai fungsional, agar amanah benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen dan rasa tanggung jawab serta jangan sampai disia-siakan dan disalah gunakan, apalagi sampai mengecewakan pemerintah dan masyarakat.

“Semoga momentum pelantikan ini menjadi semangat baru bagi kita dalam menata aktivitas pemerintahan kearah yang lebih baik” kata dia.

 

Dijelaskan, pelantikan tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang dijelaskan dalam Pasal (87) bahwa setiap PNS yang diangkat menjadi Pejabat Fungsional wajib diambil sumpah/janji sebagaimana yang dimaksud dalam pasal (87) bahwa sumpah/janji jabatan diambil oleh pejabat Pembina kepagawaian dilingkungan masing-masing.

 

“Berkenaan dengan hal itu, selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Pesawaran saya menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik.Kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dipundak saudara-saudara sekalian, benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen dan rasa tanggungjawab yang tinggi,” tutur dia.

 

Menurutnya, hal tersebut penting untuk dipahami dan dijiwai, karena konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggung jawabkan kepada bangsa, negara dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu dipertanggung-jawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

 

“Selain itu, momentum pelantikan hari ini dalam rangka penataan dan pemenuhan formasi jabatan sesuai tuntutan Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah, yang pada gilirannya diharapkan dapat mewujudkan optimalnya kinerja Pemerintahan Kabupaten Pesawaran dalam memenuhi harapan masyarakat yang terus berkembang saat ini,” ujar dia.

 

Berkenaan dengan hal itu, maka makna pelantikan bukan hanya berarti sebagai formalitas saja, melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri, dalam upaya peningkatan kompetensi aparatur kearah tercapainya sumber daya yang handal dan profesionalisme, dalam menjalankan tugas pemerintahan dan aktivitas pembangunan, serta pembinaan kemasyarakatan menuju pencapaian masyarakat Pesawaran yang maju, makmur dan sejahtera saat ini dan masa mendatang.

 

“Berdasarkan tuntutan kebutuhan pembangunan masyarakat yang demikian itu, maka penunjukkan saudara-saudara dalam menduduki jabatan ini, benar-benar ditentukan berdasarkan kemampuan dan prestasi yang dicapai. Untuk itu, tanggungjawab yang diberikan ini, jangan sampai disia-siakan dan disalah gunakan, apalagi sampai mengecewakan pemerintah dan masyarakat,” tegas dia.

 

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.