Malam Jumat Terakhir, Dua Bacalon Kades Serahkan Berkas

PESAWARAN-(PeNa), Akhirnya, berkas pendaftaran bakal calon (bacalon) kepala desa diterima panitia penyelenggara pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan, Kamis (11/07) malam.
Ketua Panitia penyelenggara pilkades Junaidi Abdullah mengatakan bahwa bacalon kades tersebut mendaftar pada malam terakhir penutupan. Karena, masa waktu pendaftaran balonkades dimulai sejak tanggal 01-11 Juli 2019.
“Ya,tadi ada dua bacalon kades yang mendaftar. Yakni, Erwan Sukijo dengan Lamisah. Keduanya datang sekitar pukul 22.00WIB dan tadi selesai pemeriksaan berkas pada pukul 23.00WIB, ” kata dia.
Menurutnya,kedua bacalon kades datang ke tempat pendaftaran di Balai Desa Sungai Langka dengan didampingi beberapa orang pendukungnya.
“Alkhamdulillah,acara berjalan dengan lancar dan tertib. Semua unsur perangkat desa hadir, Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga ada. Pokoknya semua ada dan ikut menyaksikan,” ujar dia.
Menanggapi pencalonan kades didesanya, beberapa warga di Desa Sungai Langka mengaku tidak ingin ada pengganti Erwan Sukijo. Menurut mereka, selama kepemimpinan Kepala Desa Sungai Langka oleh Erwan Sukijo, masyarakat benar-benar diayomi dan banyak dibina.
“Kami tidak menginginkan ada pengganti Erwan Sukijo di desa ini, kepemimpinannya sangat mengayomi dan banyak membina kami sebagai warga. Jelas, meski kami bukan tim suksesnya,tapi setidaknya keluarga besar kami akan mempertahankan Mas Erwan untuk kembali menjadi Kades Sungai Langka, ” ujar warga yang enggan disebut namanya.
Soal bagaimana bisa mempertahankan pilihannya, warga tersebut penuh semangat dan bebarengan mengucapkan akan mencoblosnya pada kertas suara dibilik suara yang disiapkan penitia pilkades nanti.
“Cara mempertahankannya ya kita coblos, kami akan ajak sanak saudara dan mungkin juga tetangga untuk memilih kembali Erwan Sukijo. Dan,menurut kami akan banyak selisihnya. Insha Allah akan lebih banyak mempertahankannya,” ujar dia.
Diterangkan, masa kepemimpinan Erwan Sukijo, warga tidak dibebani biaya dalam mengurus administrasi apapun di desa.
“Kita ngurus surat apa aja,gratis dan cepat. Tidak ada biaya apa apa, terlebih Mas Erwan itu selalu ada ditengah masyarakat saat pengajian, saat gotong royong, saat ada warga hajatan, kematian dan pokoknya dia seorang pemimpin yang ngemong, ” terang dia.
Warga tersebut juga menegaskan,bahwa Erwan Sukijo tidak pernah mengintervensi penggunaan anggaran didesa. Semua selalu dimusyawarahkan dan mencari hal yang mendesak diantara yang penting.
“Setau kami, dia itu selalu mengedepankan musyawarah dalam hal apapun. Termasuk pada pengelolaan Dana Desa dan ADD, semua melalui panitian pelaksana sendiri. Jadi, kadesnya itu tidak memegang uang, ” tegas dia.
Untuk diketahui, bacalon atas nama Lamisah pada pilkades sebelumnya tidak unggul. Namun demikian, sangat dimungkinkan prosesi pilkades di Desa Sungai Langka berjalan tertib dan dengan perolehan suara yang jauh presentasinya disetiap calonnya. Rencananya,pilkades tersebut dilaksanakan secara serentak pada tanggal 21 Oktober 2019 nanti.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.