Polres Pesawaran Sudah Petakan Titik Rawan Pilkades

PESAWARAN-(PeNa), Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak pada tanggal 21 Oktober 2019 mendatang, Polres Pesawaran telah memetakan titik rawan.
Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro mengatakan bahwa titik rawan pada pelaksanaan pilkades serentak diwilayah hukumnya telah di mapping guna dan akan diprioritaskan mengantisipasinya.
“Ya, kita sudah melakukan mapping terhadap titik rawan pada pelaksanaan pilkades serentak nanti, itu ada dua wilayah di Pesawaran,” kata dia, Kamis (11/07).
Menurutnya, pihaknya telah mempersiapkan jumlah personil yang akan diturunkan pada proses pengamanan Pilkades serentak nanti.
“Kita masih sama seperti Pemilu beberapa waktu lalu, kita turunkan 2/3 personil Polres Pesawaran untuk melakukan pengamanan dan kita tempatkan sesuai kebutuhan. Yang jelas pada saat H-1 pelaksanaan Pilkades Serentak personil sudah kita siapkan,” ujar dia.
Ia menjelaskan,Bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak peran kepolisian ditengah masyarakat juga akan lebih diintensifkan.
“Kita juga minta kepada para anggota Bhabinkamtibmas untuk bisa lebih aktif, mendapatkan informasi terkait tahapan pelaksanaan Pilkades di desa binaannya masing-masing, terutama Desa yang melakukan Pilkades,” jelas dia.
Kapolres Popon juga meminta kepada seluruh lapisan elemen masyarakat untuk bisa ikut menjaga kondusifitas pada pelaksanaan Pilkades Serentak, sehingga proses demokrasi ditingkat desa tersebut dapat berjalan baik.
“Nanti kita juga akan lakukan deklarasi damai, dan kita minta dukungan dari seluruh masyarakat untuk menciptakan keamanan pada pelaksanaan Pilkades serentak di Pesawaran,” pinta dia.
Untuk diketahui, pelaksanaan tahapan pemberkasan bagi calon kepala desa yang akan menjadi kontestan juga sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 01-11 Juli 2019. Nantinya,berkas pendaftaran tersebut akan dilakukan verifikasi oleh Bagian Pemerintah Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Pesawaran.
Oleh:sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *