Penyampaian Nota Keuangan Rancangan APBD 2019 Diparipurnakan

PESAWARAN-(PeNa), Rapat paripurna DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka penyampaian nota keuangan rancangan APBD tahun anggaran 2019 dilaksanakan di Gedung dewan setempat, Senin (29/10).
Mewakili Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Wakil Bupati Pesawaran Eriawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa sebagai eksekutif menyampaikan apresiasi kepada dewan atas atas penandatanganan kesepakatan bersama Dokumen KUA-PPAS APBD Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2019.
“Pengorbanan atas waktu dan sumbangsih pikiran Pimpinan dan Anggota Dewan yang telah membahas KUA-PPAS bersama TAPD yang tanpa kenal lelah demi tersusunnya kerangka kebijakan APBD yang memihak kepada rakyat. Ini merupakan wujud dari komitmen bersama untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja pemerintahan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui pelaksanaan APBD, ” ungkap dia.
Menurutnya, penyusunan APBD merupakan kerangka kebijakan yang memuat hak dan kewajiban pemerintah daerah kepada masyarakat yang dituangkan dalam pendapatan, belanja dan pembiayaan.
“Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam penyusunan Raperda APBD Tahun Anggaran 2019 berpedoman pada pokok – pokok kebijakan yang mendasarinya, ” ujar dia.
Diantaranya, Pendapatan daerah merupakan komponen yang sangat penting dalam penganggaran, karena merupakan penggerak utama yang menentukan seberapa besar aktivitas yang mampu dilakukan serta didanai, guna menjalankan program dan kegiatan pemerintahan yang diharapkan dapat mengantarkan pada tercapainya kesejahteraan rakyat.
Dalam hal komposisi pendapatan dalam struktur APBD Pemerintah daerah pada umumnya di Indonesia, APBD Kabupaten Pesawaran masih bertumpu pada pendapatan transfer dari pemerintah pusat.
Namun hal tersebut tidak menyurutkan upaya Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk tetap berupaya meningkatkan kinerja perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya.
Total Pendapatan pada Rancangan APBD Kabupaten Pesawaran Tahun Anggaran 2019 ditargetkan sebesar         Rp. 1,329 Triliyun Lebih. Pendapatan ini terdiri dari :
1. Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 64,996 Milyar Lebih, yang bersumber dari Pajak Daerah sebesar Rp. 26,185 Milyar lebih, Retribusi Daerah sebesar     Rp. 4,113 Milyar lebih, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan sebesar Rp. 1,050 Milyar dan Lain lain Pendapatan Asli Daerah Yang Sah sebesar       Rp. 33,646 Milyar Lebih.
2. Dana Perimbangan sebesar Rp. 987,397 Milyar lebih, yang bersumber dari Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak sebesar Rp. 26,507 Milyar Lebih, Dana Alokasi Umum sebesar Rp. 669,276 Milyar Lebih, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp. 166,089 Milyar Lebih dan Dana Alokasi Khusus  Non Fisik sebesar  Rp. 125,523 Milyar Lebih, yang termasuk didalamnya Tunjangan Profesi Guru PNSD (sertifikasi) dan Tambahan Penghasilan Guru PNSD (Non sertifikasi).
3. Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar           Rp. 276,959 Milyar Lebih, yang bersumber dari Pendapatan Hibah Dana BOS dan Hibah Dana IPDMIP sebesar Rp. 55,472 Milyar Lebih, Dana Bagi Hasil Pajak dari Provinsi sebesar Rp. 60,004 Milyar dan Dana Penyesuaian sebesar Rp. 161,482 Milyar Lebih.
Dana Penyesuaian tersebut merupakan alokasi Dana Desa sebesar Rp. 135,482 Milyar Lebih dan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp. 26 Milyar.
DID ini merupakan reward atau penghargaan dari Pemerintah Pusat yang hanya diberikan kepada daerah yang berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik, serta perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.
Kriteria utama dalam penilaian DID adalah perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kedua kalinya oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Kinerja Keuangan Daerah, serta penyusunan Perda APBD yang tepat waktu setiap tahunnya.
“Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas kinerja dan kerjasama semua pihak terkait, baik jajaran legislatif, eksekutif dan masyarakat Kabupaten Pesawaran sehingga prestasi tersebut dapat kita raih bersama, ” kata dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *