Warga Langgar Prokes Covid-19, Sanksi Denda Segera Diterapkan

PESAWARAN-(PeNa), Nantinya, pelaksanaan Operasi Lintas sektoral akan menerapkan sanksi denda Rp1juta kepada warga yang melanggar protokol kesehatan saat keluar rumah.
Lintas sektoral yang dimaksud diantaranya akan melibatkan  Kejaksaan Negeri Pesawaran, Pengadilan Negeri Pesawaran, Sat Pol PP Kabupaten Pesawaran,TNI dan Polres Pesawaran.
Namun, untuk melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Pesawaran masih menunggu surat edaran Bupati Pesawaran.
Demikian dikemukakan Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka Pengumuman usulan pengesahan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Pesawaran Tahun 2020 yang digelar di Gedung Dewan setempat, Senin (25/01/2021).
“Kemarin sudah kita rapatkan dengan kejaksaan dan pengadilan serta Satpol PP, yang intinya juga membahas kaitan sanksi, sanksi disini kita kedepankan penegakan Perda nomor 3 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru, disitu ada sanksi-sanksi. Dan koordinasi terakhir dengan Pemkab telah menyiapkan sanksi administrasi seperti bentuk tilang termasuk Denda, apakah itu denda maksimal sebesar Rp 1 juta seperti yang tercantum dalam perda nomor 3 tahun 2020 itu,” kata dia.
Menurutnya, jika sudah mulai diberlakukan masyarakat yang dianggap melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) bisa dikenakan sanksi berupa denda.
“Untuk pelaksanaan hasil rapat kemarin PPKM khususnya, kita akan menunggu surat secara resmi seperti surat edaran Bupati,” tutur dia.
Kemudian, mengenai adanya pembatasan terhadap kegiatan resepsi hajatan yang digelar masyarakat, ia menyampaikan hal tersebut masih menunggu keputusan Pemerintah.
“Kaitan itu (Resepsi Hajatan) nanti akan disebutkan dalam surat edaran, apa saja yang akan dibatasi, tentunya tidak akan keluar dari Perda tersebut, dan untuk sosialisasinya sendiri sudah kita mulai,” tegas  dia.
AKBP Vero Aria Radmantyo juga menghimbau masyarakat yang berada diwilayah hukumnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 guna meminimalisir penyebaran virus corona.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *