Gebyar SMK, LKS, O2SN Dan FLS2N Siswa-siswi SMK se-Kabupaten Pesawaran Dibuka

PESAWARAN-(PeNa), Gebyar SMK, LKS, O2SN dan FLS2N Siswa-siswi SMK se-Kabupaten Pesawaran secara resmi dibuka di Gedung Serba Guna (GSG) Musium Transmigrasi Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan, Selasa (25/02/2020).
Pembukaan dilakukan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Asisten II Bidang Ekobang Pemerintah Kabupaten Pesawaran Fathurozi.
Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Kadis Pendidikan Propinsi Lampung yang diwakilli oleh Julaeha, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Pesawaran, Kapolres Pesawaran yang diwakili oleh Kapolsek Gedong Tataan Kompol Amirudin BH Maksum.
Kemudian, Kadis Pendidikan Kabupaten  Pesawaran Fauzan Suadi, Ketua MKKS Kabupaten Pesawaran, Danramil Gedong Tataan yang diwakili oleh Serma Mardi Utomo, KUPT Pendidikan se-Kabupaten  Pesawaran, Ketua PGRI Kabupaten  Pesawaran.
Lalu, Camat Gedong Tataan, Kepala Sekolah SMK Se-Kabupaten Pesawaran, Pengawas SMK Se-Kabupaten Pesawaran, Peserta Gebyar SMK se-Kabupaten  Pesawaran, Siswa dan siswi Perwakilan dari SMK di Kabupaten  Pesawaran yang berjumlah 500 orang.
Kegiatan tersebut tidaklah semata sebagai sebuah kompetisi, even ini dapat pula dipandang sebagai wadah penggalian potensi, minat, bakat dan kemampuan siswa-siswi SMK se-Kabupaten Pesawaran pada prestasi bidang lombanya masing-masing.
“Saya berharap para peserta kegiatan LKS, O2SN dan FLS2N dapat menunjukkan prestasi yang sangat membanggakan sehingga nantinya akan mewakili Kabupaten Pesawaran ke tingkat yang lebih tinggi dan dapat mempersembahkan kebanggaan bagi Kabupaten Pesawaran, ” kata Asisten II mewakili Bupati Pesawaran.
Ia juga optimis seluruh Siswa-siswi SMK yang mengikuti kegiatan ini telah mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menunjukkan prestasi terbaik bagi sekolahnya.
“Dan saya meyakini bahwa proses berbagi pengetahuan dan pengalaman  yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan ini akan memberikan inspirasi kepada banyak individu lain untuk mengikuti jejak mereka yang hadir disini pada kesempatan-kesempatan mendatang, ” tutur dia.
Untuk diketahui, Gebyar SMK kabupaten Pesawaran tahun 2020 mempertandingkan perombaan yang terbagi dalam tiga jenis yaitu :
1. Bidang FLS2B :
– Solosong
– Tari tradisional
– Film pendek
– Teater.
– Musik tradisional.
– Gitar klasik
2. Bidang LKS :
– Web desain
– Jaringan komputer
– Desain grafis
– Welding las
3. Bidang O2SN :
– Badminton
– Pencak silat
– Karate.
– Renang
Dalam kaitan ini, keberadaan dan peran guru menjadi amat penting agar “melek” pada literasi digital yang bukan sekadar mata pelajaran tentang komputer, tetapi harus semua mata pelajaran yang menggunakan teknologi 4.0 dalam keseharian anak didik.
Anak zaman now atau generasi milenial sekarang ini tidak banyak lagi yang membaca buku cetak, mereka lebih memilih menggunakan teknologi digital seperti layaknya menghirup oksigen.
“Bagi sekolah dan guru, jangan salah memanfaatkan dengan pengadaan komputer semata, namun yang tidak kalah penting adalah values atau nilai-nilai soft skills, empati, kolaborasi yang mendasari anak didik kita sebagai bekal kehidupan mereka ke depannya, ” tegas dia.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *