Andi Suharlis Mulang Jabat Aspidsus Kejati Lampung

PESAWARAN-(PeNa), Lelaki tegas  asal Desa Penengahan Kecamatan Gedong Tataan, Andi Suharlis  segera jabat Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Lampung. Pengalaman 10 tahun di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadikan beberapa pihak merasa khawatir dengan ketegasannya.
Dari informasi dan data yang dihimpun, lelaki yang telah berusia 44 tahun tersebut telah berkarir selama 10 tahun di KPK RI, dan berhasil menangani perkara yang melibatkan sederet nama besar sekelas Menteri ESDM, Jero Wacik yang divonis empat tahun penjara.
Untuk diketahui, Andi Suharlis sebelumnya menempati kursi Kajari Bolang Mongondow dan ia sempat menjabat sebagai Jaksa Fungsional pada bidang pembinaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.
Pria yang lahir di Katibung, Kabupaten Lampung Selatan tanggal 16 April 1974 ini, menempuh kuliah hukum di Universitas Lampung (Unila) dan mengambil jurusan Hukum Pidana. Ia bergabung dengan Korps Adhyaksa pada tahun 1999 di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung, di bagian tata usaha.
Pada Tahun 2001, ia menjadi Kasusbsi Ekonomi Moneter pada Seksi Intelejen Kejari Bandarlampung. Selang waktu satu tahun, ia ditugaskan sebagai jaksa fungsional pada Kejari Blambangan Umpu. Ia juga pernah ditempatkan sebagai Pj. Kasi Pidsus Kejaksaan Kota Agung Tahun 2004.
Pada Tahun 2006, Andi Suharlis ditugaskan sebagai Kasi Prodsarin pada Asisten Intelejen Kejati Maluku. Kembalinya ia sekarang ke Kejati Lampung bisa disebut mulang tiyuh atau pulang kampung.
Diketahui, Andi Suharlis yang sebelumnya menjabat Kepala Kejari Bolaang Mongondow Utara di Boroko, menggantikan Tongging Banjarnahor yang dipromosikan menjadi Kepala Kejari Manokwari, Provinsi Papua.
Berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI nomor: KEP-158/A/JA/09/2018 tertanggal 14 September 2018, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural di Lingkungan Kejaksaan RI yang ditandatangani oleh Jaksa Agung RI, H.M. Prasetyo, selain Tongging Banjarnahor, Wakil Kepala Kejati Lampung, Jaja Subagya, juga mendapat promosi menjadi Wakil Kejati Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Posisinya akan diisi oleh Idianto dari Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelejen Kejaksaan Agung.
Tak hanya kedua pejabat itu saja yang dirolling dari Korps Adhyaksa tersebut, Asisten Pengawasan  (Aswas) Kejati Lampung, Wahyudi pun turut dipromosikan menjadi Kepala Kejari Buleleng di Singaraja. Posisi Aswas segera dipimpin oleh Sri Suhartini yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Pendapatan dan Piutang Negara pada Biro Keuangan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung RI
Dan terakhir adalah Kepala Kejari Lampung Utara, Sunarwan, yang dipromosikan menjadi Kepala Kejari Demak. Posisinya akan diisi oleh Yuliana Sinaga, yang sebelumnya merupakan Koordinator pada Kejati Sumatera Utara, Medan. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *