Butiran Keringat Rakyat Dan TNI Wujud Semangati TMMD 

PESAWARAN-(PeNa), Seperti hari-hari sebelumnya, warga bergilir bergotong royong bekerja bersama satuan tugas (satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 di tiga desa Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, Sabtu (21/7).
Cuaca yang cerah lalu mendung kemudian cerah membuat warga dan satgas kerap mengusap keringat saat melakukan aktifitasnya membangun jalan dan jembatan beton yang direncanakan sebelumnya. “Alkhamdulillah, meski keringat deras mengucur tapi kami sebagai rakyat sangat bangga bisa bersama bergotong royong untuk bekerja dengan TNI, ” kata Rahman warga sekitar pelaksanaan TMMD.
Diamini beberapa warga lain, Rahman pun sangat berharap kegiatan TMMD tidak hanya sekali dilaksanakan didesanya. “Kami semua berharap, untuk TMMD tahun depan dapat dilaksanakan kembali di Desa Roworejo dan sekitarnya. Apa yang dilakukan TNI sekarang ini, sangat membantu dan pasti merasa kehilangan jika mereka telah selesai melaksanakan tugasnya. Kami sebagai rakyat telah menyatu dengan satgas TMMD, seperti saudara.” ujar dia.
Diteriknya matahari, warga dan satgas TMMD kerap juga berinteraksi dengan canda dan tawa dalam melakukan pekerjaannya. Mungkin, cara itulah yang dianggap sedikit mengurangi rasa lelah dan capek ketika mencangkul dan mengangkat matrial bangunan dilokasi pembangunan jembatan beton dan jalan.
Atau bisa saja, hal tersebut suatu wujud kemanunggalan rakyat dengan TNI yang memiliki jiwa sama dalam membela negara terhadap ancaman paham radikalisme, komunisme dan narkoba.
“Beberapa waktu ini, rakyat atau warga desa kami dan TNI selalu bersama baik siang dan malam dalam beraktifitas. Kegiatan inilah yang dapat membuka wawasan orang desa tentang berbagai hal seperti soal bahayanya paham radikalisme, komunisme dan narkoba. Kedepan, kita selalu berkoordinasi jangan sampai yang demikian ada didesa kami. Jika ditemukan aktifitas tersebut, langsung kami informasikan ke TNI, ” ungkap dia.
Sementara itu, Pasiter Kodim 0421/LS Kapten Inf Sukandi mewakili Komandan Kodim 0421 Lampung Selatan Letkol Arm Untoro Hariyanto menungkapkan bahwa per-hari Sabtu (21/7) pekerjaan TMMD telah mencapai kenaikan penyelesaiannya.
“Untuk pembuatan badan jalan di Desa Sidomulyo menuju Desa Grujugan Baru dengan panjang 1200 meter lebar 4meter mengalami kemajuan pekerjaan fisik sekitar 46 %.  Dan, di Umbul Gading Desa Grujugan Baru dengan panjang 500 lebar 4meter mengalami kemajuan pekerjaan 46 %, ” ungkap dia.
Lalu, pada pekerjaan pembangunan jembatan penghubung desa dan pembuatan gorong-gorong serta perbaikan mushola juga mengalami kemajuan penyelesaian pekerjaan. “Untuk pekerjaan pembangunan jembatan penghubung Desa Sidomulyo ke Desa Grojogan Baru dengan panjang 12 meter dan lebar 5meter kemajuan pekerjaannya 33%. Gorong-gorong Desa Roworejo 45% dan Dusun Umbul Gading Desa Grujugan Baru  dengan kemajuan pekerjaan fisik 40 %. Dan, rehab mushola juga kemajuan pekerjaan capai              32 %. ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *