Cegah Covid-19, Polres Pesawaran Telah Lakukan Program KTN Di 8 Desa

PESAWARAN-(PeNa), Dari 144 Desa di Bumi Andan Jejama, 8 sudah menerapkan Program Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dari Polres Pesawaran.
Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo mengatakan bahwa Program KTN nantinya dapat terealisasi secara menyeluruh di 144 desa yang ada di Kabupaten Pesawaran.
“Kita targetkan pada Bulan Maret 2021 mendatang, KTN sudah dilaksanakan di seluruh desa se-Kabupaten Pesawaran,” kata dia, Kamis (25/02/2021).
Ia mengungkapkan, bahwa program KTN tersebut konsepnya adalah pencegahan dan penanganan penyebaran virus covid-19 ditengah pandemi corona yang dilaksanakan ditingkat desa.
“Sesuai Permendagri Nomor 4 tahun 2021, disebutkan penanganan pandemi di tingkat desa dapat dibiayai dana desa. Dan, kita dorong dengan melibatkan pihak terkait seperti tenaga kesehatan dan Sat Pol PP serta TNI,” ungkap dia.
Kemudian, Pemerintah Kabupaten Pesawaran juga telah menggiatkan program serupa dengan cara membentuk Subsatgas Penanganan Covid-19 tingkat desa.
“Nah bedanya, Subsatgas ini kan programnya Pemkab Pesawaran yang sudah terstruktur mulai dan melibatkan aparat desa sebagai ketua harian, sementara program KTN ini nanti dimotori oleh personel TNI dan Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” ujar dia.
Ditegaskan, pada pelaksanaan program KTN tersebut nantinya lebih difokuskan kepada kesiapan personel, kesiapan posko dan kesiapan ruang isolasi. Ketiganya harus dalam kondisi yang benar-benar aktif, sehingga pencegahan Penyebaran covid-19 dapat diminimalisir.
“Soal personil, ini akan dilaksanakan secara masif, kemudian untuk posko juga harus benar-benar terkondisi dengan baik sehingga masyarakat lebih partisipatif. Lalu, ruang isolasi, ini penting, ketika ada yang terpapar dapat lebih cepat ditangani dengan nakes setempat. Mudah-mudahan, dengan program ini pandemi corona segera berakhir,” tegas dia.
Untuk diketahui, 8 desa yang telah melaksanakan Program KTN adalah Kecamatan Gedong Tataan di Desa Taman Sari dan Kurungan Nyawa. Untuk Kecamatan Negeri Katon di Desa Kalirejo, Kecamatan Way Khilau di Desa Gunung Sari dan Kota Jawa. Lalu Kecamatan Way Lima di Desa Gunung Rejo, Kecamatan Way Ratai di Desa Ceringin Asri, Kecamatan Padang Cermin di Desa Padang Cermin.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *