DD Tahap II Telah Siap Tapi Desa Masih Belum Cairkan

PESAWARAN-(PeNa), Meski Dana Desa (DD) tahap II (dua) sebesar 40persen telah diterima oleh Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten Pesawaran, namun pemerintah desa masih belum mencairkan.
Salah satu Kepala Desa (Kades) yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa pemerintahannya masih menunggu hasil verifikasi. “Kalau laporan penggunaan DD tahap satu sudah dilaporkan, tinggal menunggu hasil verifikasinya. Mungkin kalau sudah selesai ya bisa dicairkan, biasanya tidak lama lagi, ” kata dia, Senin (9/7).
Menurutnya, untuk penggunaan DD tahap dua perencanaannya sudah final. “Kalau perencanaan alokasi DD tahap dua sudah final, tinggal realisasi saja. Tapi, semua itu menunggu uang DD diterima. Ya kan gak mungkin kita talangin dulu, nanti salah lagi, ” ujar dia.
Kepala Bidang Keuangan, Pembangunan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pesawaran, Jenny Ricardo FB mengatakan, Dana Desa  Pesawaran telah dicairkan dari Pusat.
“Untuk DD tahap II khusus Kabupaten Pesawaran,  telah dicaikan dari pusat ke RKUD Kabupaten Pesawaran pada 23 Juni 2018, ” kata Jenny Ricardo FB,  Senin (09/07).
Dijelaskan,  untuk pencairan DD dibagi menjadi tiga tahap, yakni pertama 20%, kedua 40%, dan ketiga 40% untuk dana desa sementara untuk ADD juga dibagi tiga tahap, yakni 40%, 40%, dan 20%,”.
“Dari 144 Desa di Kabupaten Pesawaran,  belum ada yang mencairkan DD tahap II,  dengan persyaratan yang telah ditentu kan untuk pencairan DD tahap keduanya, ” jelas dia.
Ditegaskan, bagis desa yang telah menyelesaikan laporan realisasi DD tahap I maka sudah dapat dicairkan. “Bagi desa yang telah menyampaikan persyaratan, maka DD langsung di transfer ke rekening Desanya. Persyaratan untuk pencairan DD tahap II, harus ada laporan realisasi tahap I, laporan padat karya tunai 30 persen dan laporan rekomendasi dari camat, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *