Karang Taruna Bisa Jadi Jembatan Program Kepentingan Masyarakat

BANDARLAMPUNG-(PeNa), Karang Taruna bisa menjadi jembatan program-program di instansi terkait guna kepentingan masyarakat.
Demikian disampaikan Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona pada Rapat Koordinasi (Rakor) pengurus Karang Taruna di 15 Kabupaten, Provinsi Lampung di Emerald Room Emersia Hotel Bandarlampung, Sabtu (16/01/2021).
“Saya berharap Karang Taruna bisa ambil bagian membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan hidup dan menanggulangi kemiskinan,” kata dia.
Menurutnya, pemaparan fungsi Karang Taruna di Pemerintah Daerah menjadi titik penting, karenanya seluruh pengurus Karang Taruna di 15 Kabupaten/Kota untuk lebih pro aktif dalam menjalankan roda organisasi.
“Semua dinas memiliki program-program kemasyarakatan, Karang Taruna dapat turut serta dalam program tersebut sehingga keberadaan karang taruna dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar dia.
Kemudian, peran serta Karang Taruna untuk menggandeng kepala daerah perlu dibarengi dengan program kerja yang jelas agar dalam perjalanannya mendapat respon positif dari instansi terkait.
“Bina hubungan baik dan titipkan program karang taruna dalam perencanaan anggaran di setiap Kabupaten/Kota, dengan begitu karang taruna dapat lebih maju dan berguna ditengah masyarakat,” tutur dia.
Ia juga menegaskan,bahwa pada penyerapan Dana Desa (DD) biasanya kepala daerah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) guna penggunaannya.
“Perlu diketahui, setiap tahun Bupati mengeluarkan Perbub terkait penggunaan Dana Desa, jika Karang Taruna pro aktif bisa dimasukan nomenklatur Karang Taruna dalam penggunaannya, dan semua anggaran untuk kesejahteraan masyarakat,” tegas dia.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *