Pegawai Kesehatan Dominasi Pengambilan Sumpah Dan Janji PNS

PESAWARAN-(PeNa), Pegawai Kesehatan, dokter, bidan dan perawat mendominasi sumpah janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dilangsungkan di Gedung Serba Guna (GSG) pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran, Rabu (25/9).
Pada kegiatan tersebut, 282 PNS diambil sumpah dan janji oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona. “Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang kita kenal dengan Undang-undang ASN, merupakan instrumen perubahan kebijakan yang sangat mendasar bagi pemerintah untuk membangun Aparatur Sipil Negara yang memiliki integritas, profesional serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik dengan kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan, tantangan kita kedepan dalam hal pembinaan pola karier bagi PNS tidaklah mudah, ” kata Dendi dalam sambutannya.
Menurutnya, untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa (GOOD GAVERNANCE) dan mewujudkan pelayanan publik yang baik, efisien, efektif dan berkualitas tentunya harus didukung dengan Sumber Daya Manusia PNS yang profesional, bertanggungjawab dan kompeten dibidangnya. “Dengan kata lain PNS dalam menjalankan tugasnya harus profesional dan sesuai dengan kompetensi jabatanya, ” ujar dia.
Diungkapkan, setelah diambil sumpah janjinya sebagai PNS, secara otomatis sudah diikat dengan tugas, kewajiban dan larangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. “PNS harus dapat mewujudkan disiplin, kecakapan, dan prestasi kerja yang baik, mengingat status seorang PNS dapat diberhentikan, baik dengan hormat maupun tidak dengan hormat jika melanggar peraturan yang berlaku, ” ungkap dia.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia zainal Arifin mengatakan bahwa pengambilan sumpah janji PNS dilakukan dengan tertib. “Ya, kita langsungkan pengambilan sumpah janji pada 282 PNS dilingkungan pemerintaha Kabupaten Pesawaran. Dari jumlah tersebut, banyak diantaranya dari Dinas Kesehatan yakni sekitar 175 pegawai, ” kata dia.
Ditegaskan, sumpah janji PNS dilakukan oleh pegawai yang diangkat dari CPNS dan beberapa lagi dari pegawai yang belum disumpah atau memperbaiki karena sertifikat sumpahnya hilang.”Ya, memang ada beberapa dari PNS yang sudah pernah disumpah. Mungkin hilang atau rusak, sehingga mengajukan sumpah lagi. Tapi, ada juga dari CPNS yang sebelumnya diterima namun belum disumpah. Mudah-mudahan yang akan datang bisa seluruhnya disumpah janji PNSnya, ” tegas dia.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona juga membagikan hadiah kepada pegawai yang baru disumpah dan janji PNS. Mereka mendapatkan hadiah karena bisa menyebutkan Visi dan Misi kepemimpinan Dendi Ramadhona dengan Eriawan saat ditanyakan.  PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *