Pemprov Lampung Buka Seleksi Kompetensi Calon Pimpinan Baznas

BANDARLAMPUNG (PeNa) – Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Karo Kesra) Pemprov Lampung,  Ria Andari, membuka Seleksi Kompetensi (Wawancara) tahap akhir  Pemilihan Calon Pimpinan Badan Amil zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung Periode 2022-2027 Secara Virtual dengan Ketua BAZNAS RI, bertempat di Ruang Video Conference Lt.I Diskominfotik, Kamis (09/06/2022).

Pada kesempatan tersebut Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan  Karo Kesra Pemprov  Lampung mengatakan bahwa Badan Amil zakat Nasional (Baznas) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh Pemerintah berdasarkan keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS).

Lahirnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat semakin mengukuhkan peran Baznas sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara Nasional.

Baznas merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama di Tingkat Nasional, kepada Gubernur di Tingkat Provinsi dan kepada Bupati/Walikota di tingkat Kabupaten/Kota.

Baznas bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

“Saya menyambut baik dilaksanakannya pemilihan calon pimpinan Baznas Provinsi Lampung untuk periode lima tahun ke depan. Dimana hal ini dilakukan menyusul berakhirnya era kepemimpinan pengurus Baznas periode sebelumnya”, tutur Gubernur yang disampaikan Karo Kesra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.